PALEMBANG,HS – Sedikitnya 11 Rumah di Lorong Hijriah Kelurahan 1 Ulu Kecamatan Seberang Ulu 1,  Ludes dilalap Api, Rabu (15/5) sekitar pukul 9.00 WIB.

Kebakaran ini diduga api berasal dari tabung gas yang meledak milik salah satu warga, Setidaknya belasan rumah yang terletak di 3 RT berbeda yaitu RT15, RT 17, dan RT 18 tersebut tak ada yang tersisa lantaran bangunan dilokasi kebakaran jaraknya berdempet dan terbilang padat penduduk.

Cik (34) salah satu warga lorong hijrah mengatakan, bahwa rumah yang terbakar tersebut adalah milik ibunya Halimah yang tinggal sejak tahun 1952. Yang Cik memiliki 4 rumah dan semuanya ikut terbakar.

“Ini rumah peninggalan wong tuo kami, sekarang habis sudah,” Jelasnya.

Sebelum dikerahkannya sebanyak 7 unit damkar, warga sekitar mencoba memadamkan api dengan alat seadanya, namun tak berhasil,

“Jingok api, kami langsung gotong royong madamke, tapi dak berhasil, malah api semakin besar,” kata salahsatu warga.

Sementara itu, Kasi Operasi dinas pemadam kota Palembang M Ardiansyah, rumah dan juga bedeng yang berdempetan di lokasi membuat api cepat menyambar, “Lokasinya cukup padat, makanya kita fokus saja dengan pemadaman api agar tak menjalar ke rumah lainya,” terangnya.

Lanjut Ardi, Damkar kota Palembang mengerahkan 7 mobil yang berasal dari 3 posko yang berbed, Mobil damkar yang pertama kali datang dari pos SU 1, kemudian pos SU 2 dan pos Merdeka, keseluruhan 7 unit mobil.

Lokasi yang berada di tepian sungai membantu petugas damkar yang harus cepat memadamkan kobaran api.

“Kebetulan kebakaran saat ini berada di tepian sungai jadi kita memanfaatkan pompa yang ada, kemudian menyedot air dari sungai,” imbuhnya.

Kendala utama adalah lokasi yang berada di dalam gang sempit yang membuat petugas sedikit sulit untuk memadamkan kobaran api, dan kebetulan angin kencang, beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materi diduga mencapai ratusan juta.