PALEMBANG,HS – Hampir 15 ribu umat Muslim Sumsel mengikuti kegiatan Sumsel Bersholawat dalam Istighosah Kubro yang digelar dihalaman griya agung,  yang dihadiri langsung penceramah Habib Luthfi bin Yahya dan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf serta ribuan santri dan warga Palembang.

Gubernur Sumsel Herman Deru dalam sambutannya menegaskan, melalui kegiatan ini diharapkan akan mendapatkan manfaat bagi kelangsungan fisik maupun non fisik di Sumsel.

“Saya menyambut gembira atas pelaksanaan kegiatan Sumsel bersholawat dan Istighosah kubro ini. Semoga ini akan dapat mempererat tali silaturahmi kita,” tegas Gubernur.

Menurutnya, gelaran Istighosah Kubro dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah. Dalam rangka mencetak generasi muda Islam yang cinta Al Quran dan Sunnah untuk mendoakan keselamatan bangsa. Dia juga mengajak masyarakat untuk meringankan beban korban sunami lampung.

“Kita memohon kepada Allah agar dapat meringankan derita saudara kita di Lampung dan di Banten,” tambah Herman Deru.

Ramainya Istighosah kubro, menurut dia, mencerminkan bersatunya berbagai elemen bangsa dalam satu ikatan persaudaraan yang utuh, hal ini tentu saja dibutuhkan, terlebih lagi dalam kondisi yang akan menghadapi momen besar kebangsaan, berupa pemilu presiden dan pemilu legislatif bulan April 2019 mendatang.Dia berharap untuk terus menjaga suasana yang kondusif, terutama kerukunan umat seagama dan antar umat beragama.

“Tentu saja kita berharap apapun pilihan kita nanti, meski saling berbeda-beda namun tetap mengedepankan pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia dengan tetap mengutamakan kedamaian dan keutuhan bangsa,” tambahnya.

Sementara itu dalam tausyiahnya Habib Luthfi bin Yahya mengajak masyarakat Sumsel untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT berupa kenikmatan ilmu, harta, kesehatan berupa sehat jasmani dan rohani.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, Sekretaris Daerah Nasrun Umar, para ulama, Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) RI Ryamizard Ryacudu Pangdam II Sriwijaya mayjen TNI Irwan, Kapolda sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara kepala OPD dan Undangan lainnya.