Marsudi, S,Pd. MM Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ogan Ilir

INDERALAYA, HS – Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dilaksanakan Mei 2017 mendatang. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir mencatat untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) baru diikuti 15 sekolah dari 78 SMP negeri dan swasta yang di Ogan Ilir.

Kepala Bidang Pembinaan SMP melalui  Kepala Seksi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ogan Ilir Marsudi, S,Pd. MM menyebutkan, dari 15 SMP itu baru 7 sekolah yang sudah mandiri alias mempunyai unit komputer sendiri.

“Bahkan, ada delapan sekolah yang tak memiliki fasilitas komputer sehingga menggunakan komputer SMA yang ada di kecamatan tersebut. Nah, untuk SMP yang sebelumnya hanya SMP IT Raudhatul Ulum sekarang ini jumlahnya sudah 15 SMP,” ditegaskan Marsudi, beberapa hari lalu.

Ungkap Marsudi, persiapan anak didik SMP dalam menghadapi UNBK tidaklah main-main.  Saat ini sekolah pun sudah memberlakukan tiga kali simulasi tata cara pengoperasian komputer, tata cara pengisian lembar jawaban, hingga teknis agar mendapatkan nilai yang baik.

“Tujuannya jelas, supaya integritas lebih diutamakan ketimbang mengejar peringkat atau nilai. Kalau UN tertinggi di tahun 2016 diraih oleh siswa SMP 2 Kecamatan Rambang Kuang,” sambung Marsudi seraya berkata ia lupa nama siswa tersebut.

Ia menambahkan, secara nasional UNBK merupakan program Kementrian Pendidikan yang seharusnya sudah terealisasi di tahun 2017.

“Tentu sangat berimbang dengan menggeliatnya perkembangan teknologi sekaran. Namun, apa mau dikata di sekolah-sekolah yang jauh dari ibu kota kabupaten, provinsi bahkan ibukota negara masih sangat terbatas fasilitas komputernya,” tuturnya. (ARZ)

15 SMP yang siap UNBK pada Mei 2017  

  1. SMP 1 Inderalaya
  2. SMP  Islam Terpadu Raudhatul Ulum
  3. SMP 1 Inderalaya Utara
  4. SMP 6 Inderalaya Utara
  5. SMP1 Inderalaya Selatan
  6. SMP 2 Inderalaya Selatan
  7. SMP 2 Tanjung Raja
  8. SMP 3 Tanjung Raja
  9. SMP Cinta Manis
  10. SMP Sritanjung
  11. SMP 1 Muara Kuang
  12. SMP 1 Pemulutan
  13. SMP 3 Pemulutan
  14. SMP 7 Pemulutan
  15. SMP Terbuka 7 Pemulutan