PALEMBANG,HS – Tahun 2017 Realisasi anggaran yang dikelolah Kanwil DJPb Provinsi Sumsel pada 2017 sebesar 93,79 persen dari total pagu 18,05 triliun. Realisasi kinerja anggaran lebih baik meningkat 8,44 persen dibandingkan 2016 lalu yang hanya sebesar 85,35 persen.

Hal ini dikatakan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumsel, Sudarso usai Tasyakuran Hari Bakti Perbendaharaan 2018 di aula DJPb Rabu (25/1/2018).

Menurutnya, peningkatan kinerja realisasi anggaran yang signifikan terjadi pada belanja barang dan belanja modal yang mengalami kenaikan masing-masing sebesar 10,46 persen untuk belanja barang dan 11,01 persen belanja modal.

”Keduanya memiliki memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus memperbaiki kesejangan,” katanya

Ia juga mengatakan, hal ini karena pada Belanja Barang terdapat anggaran “subsidi” dari pemerintah berupa bantuan pemerintah, sedangkan Belanja Modal dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur, Terkait dengan Dana Alokasi Khusus Fisik dan Dana Desa dimana sejak tahun 2017 penyalurannya dilaksanakan oleh KPPN di seluruh Indonesia, kinerja realisasi anggaran adalah sebesar 91,40% untuk DAK Fisik dan sebesar 99,73% untuk Dana Desa.

”Semoga dengan kinerja realisasi anggaran 2017 yang baik akan semakin mendorong bagi pertumbuhan ekonomi yang berkualitas guna mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera,” pungkasnya

Ia menambahkan, pelaksanaan tasyakuran ini sebagai bagian dari kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan 2018 akan menumbuhkan semangat di internal DJPb, memberikan kinerja terbaiknya sehingga bisa mengawal APBN untuk pembangunan di seluruh pelosok tanah air dan misi 2018.

”Kita bisa meningkatkan literasi bagi DJPb sehingga masyarakat bisa memahami bahwa APBN dipergunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya