PALEMBANG,HS – Mulai tahun 2020 Gubernur Provinsi Sumsel, H Herman Deru rencananya akan menerapkan kebijakan penempelan hologram di plat nomor kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang telah dibayar pajaknya mulai 2020 mendatang.

Menurutnya, hologram ini nantinya akan di pasang di plat – plat kendaraan baik roda dua ataupun roda empat milik masyarakat Wajib Pajak.

“Ini untuk mengingatkan diri sendiri, contohnya kita ini punya motor mati pajak dan anda lupa membayarnya karena tak selalu ingat dengan tanggal pembayaran pajaknya. Jadi fungsinya hologram ini ntuk mengingatkan WP,” kata Deru saat di temui di Griya Agung saat membuka Workshop dan penandatanganan pakta Integritas one Agency One Inovation Provinsi Sumsel, Kamis (24/10/2019).

Ia berharap, tahun 2020 inovasi ini bisa dijalankan dan menjadi yang pertama di Indonesia.

“Saya minta 2020 sudah masuk, kita pakai hologram kecil saja yang di butuhkan,” tuturnya

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sumatera Selatan, Neng Muhaiba, mengatakan, sejauh ini pihaknya masih membahas dan mematangkan terkait kebijakan itu. Menurut dia, mengingat pihaknya tidak ingin jika nantinya hologram yang akan dikeluarkan bisa dipalsukan dengan mudah.

“Ya, kami tidak mau sembarangan dalam pencetakannya. Nanti bisa ditiru dan ujung-ujungnya bisa menuai masalah,” ujarnya

Menurutnya, tadinya pembuatan hologram itu akan diminta kepada Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) agar keasliannya tetap bisa terjaga. Namun, kata dia, dalam hal itu biaya yang dikeluarkan memang cukup tinggi sehingga pihaknya sedang mencari opsi lain untuk pembuatan hologram itu.

“Kami sedang bahas opsi lain. Tadinya sesuai permintaan Gubernur agar hologram itu dari Peruri. Tapi, karena mahal, kami cari opsi lainnya. Apalagi kendaraan yang bakal dipasangi hologram lebih kurang sekitar 1,5 juta kendaraan baik roda dua, roda empat, truk, dan kendaraan lainnya,” katanya

Ia menjelaskan, hologram tersebut rencananya bisa terkoneksi saat di-scanner sehingga pemeriksaannya lebih mudah.

“Seperti operasi zebra yang sedang berlangsung saat ini. Ke depan petugas tinggal memeriksanya melalui alat scan,” tambahnya

Dia mengungkapkan, bahwa skema yang akan diterapkan nanti kendaraan yang sudah lunas pajaknya langsung dipasang hologram sesuai dengan tahun pembayaran. Artinya, kata dia, selama lima tahun plat kendaraan berlaku ada lima hologram yang terpasang sehingga bisa dideteksi kapan wajib pajak melunasi pajaknya.

“Pastinya kalau sistemnya itu sudah terbangun nanti secepatnya akan kami sosialisasikan. Dan di 2020 mendatang sudah bisa mulai diterapkan,” tutupnya