Siswa SMPN 33 sedang melaksanakan simulasi UNBK

PALEMBANG, HS – SMP Negeri 33 Palembang merupakan salah salah peserta yang melaksanakan sistem UNBK untuk peserta didik kelas IX di tahun ajaran 2016–2017 ini. Sebelumnya, SMPN 33 selalu melaksanakan UN berbasis kertas.

 
Untuk kelancaran pelaksanaan UNBK nanti, Sebanyak 204 siswa sekolah ini ikuti simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) menginduk ke SMKN 5 Palembang. Simulasi ini adalah periode kedua dengan dua mata pelajaran (mapel) matematika dan bahasa Inggris yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 27-28 Februari 2017.

 
Kepala SMPN 33 Palembang Sudarmi menerangkan, ini merupakan tahun pertama pihaknya melaksanakan UNBK. Karena di sekolahnya kekurangan komputer, demi mengikuti instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk menyelenggarakan UNBK maka pihaknya menumpang ke SMKN 5 Palembang untuk melaksanakannya.

 

“Ini berdasarkan arahan Mendikbud untuk melaksanakan UNBK. Sejak Januari kami mempersiapkan 204 peserta didik kami untuk mengikuti UNBK, dengan pelatihan dan pengarahan kepada siswa sembari menonton video pelaksanaan UNBK di sekolah,” terangnya sebelum simulasi sesi ketiga dimulai, Senin (27/02).

 

Dikatakannya, Pihaknya sudah mengajukan bantuan komputer untuk pelaksanaan UNBK, namun karena tahun ini pihaknya telah mendapat bantuan ruang kerja baru (RKB) maka untuk bantuan komputer diundur.

 

“Kami sudah sosialisasikan sebelumnya dengan orangtua siswa, jadi karena tidak ada bantuan komputer maka mereka setuju untuk menginduk ke sekolah lain demi pelaksanaan UNBK. Dan mereka berangkat secara mandiri dari sekolah atau dari rumahnya ke SMKN 5 saat pelaksaan UNBK nantinya,” tuturnya.

 

Sementara itu, Kepala SMKN 5 Palembang Drs. H. Zulfikri, M.Pd mengatakan, total komputer disini ada 135 unit dengan empat server dan untuk jaringan serta sarana dan prasarana lainnya sudah terpenuhi.
Dikatakannya, disini ada beberapa sekolah yang menginduk seperti SMPN 33, SMK Sjakyakirti, SMK Alumnika, SMk Aulia dan SMk Hasanadiyah.

 

“Saat pelaksaan UNBK pada 3 April nanti kita (SMKN 5) duluan, kalau sudah baru gantian dengan SMK lain. Sebelumnya kita sudah laksanakan simulasi SMK pada tanggal 14 – 15 Februari lalu dan Alhamdulillah tidak ada kendala, semoga pada saat UNBK nanti juga lancar tanpa kendala,” terangnya. (HSN)