PALEMBANG,HS – Mulai tahun depan, ribuan guru dari SMA dan SMK Negeri Se-palembang, bakal diberikan tambahan penghasilan (Insentif) oleh, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel.

Hal ini dikatakan Kadisdik Sumsel Widodo usai mengahdiri acara pelantikan pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan SMK Kota Palembang serta pembinaan Kadisdik Sumsel pada guru dan tata usaha SMA dan SMK se-Kota Palembang di aula SMKN 2 Palembang, (28/5/2018).

Menurutnya, insentif tersebut akan diberikan kepada sekitar 21.500 orang guru SMA dan SMK di Provinsi Sumsel baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun yang masih bertatus honorer.

“Kita akan usulkan pada Aganggara Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun depan. Jadi pelaksanaannya akan dilakukan oleh gubernur baru,” ujarnya

Ia juga mengatakan, besaran insentif sendiri berkisar Rp500 ribu setiap guru, namun pihaknya berharap disahkan sebesar Rp1 juta setiap orang per bulannya. Akan tetapi, ia mengaku pada Juli 2018 baru akan dibuat dan pengajuannya akan dilakukan pada September 2018.

“Saya perkirakan Januari 2019 sudah bisa direalisasikan,” tegasnya.

Ia juga menambahkan, pemberian insentif tersebut sebagai bentuk kepedulian pemerintah Provinsi Sumsel dalam hal ini Disdik Provinsi Sumsel kepada guru SMA dan SMK. Sehingga pemberiannya dilakukan secara merata baik kepada guru PNS maupun non PNS alias honorer.

“Kalau untuk guru honorer, kita akan berikan bagi yang mendapatkan SK Disdik. Kita sudah mengeluarkan sebanyak 12 ribu lebih SK untuk guru honorer, mereka inilah yabg bakal mendapatkan insentif itu,” jelasnya