PALEMBANG,HS – Sekitar 25 Ribu Peserta bakal memeriahkan Jalan Santai Naaional (JSN) dan juga pihak panitia bakal membagikan ratusan dooprize kepada para peserta yang hadir, acara tersebut akan dilaksanakan Minggu (17/2/2019), Dikawasan benteng Kuto besak (BKB).
Hal ini tersebut dikatakan langsung oleh ketua KAHMI Sumsel H Joncik Muhammad, saat  mengelar Konferensi Pers di Cafe Swarna Dwipa Palembang, Jumat (15/2/2019).
Ketua Kahmi Sumsel, Joncik Muhammad mengatakan, bahwa JSN Palembang 2019 tidak hanya diikuti peserta dari Palembang namun akan diikuti Alumni HMI seluruh Indonesia.
“Bahkan ada peserta Alunmi HMI datang dari Malaysia,” ujarnya
Ia juga menyampaikan, kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan ulang tahun HMI, jadi bulan Februari ini adalah bulan sakral bagi HMI yang lahir pada tanggal 5 Februari 1947. 
“Sekaligus sebagai bukti eksistensi organisasi HMI dan Kahmi,” katanya.
JSN Sendiri nantinya, sambung Joncik,  bakal digelar sebanyak 4 kali dalam tahun 2019, dan Palembang merupakan kota pertama menggelar kegiatan JSN 
“Selama Gelaran JSN peserta yang paling banyak terjadi di kota Semarang yang total peserta mencapai 7000 peserta, sementara di Sumsel sudah ada 25 ribu kupon yang tersebar,” tuturnya.
Sementara itu, Ketua Panitia, Heny Susantih menambahkan untuk peserta JSN nantinya tidak hanya sekedar melakukan jalan santai tapi dibekali kantong  untuk memungut sampah yang ada di sepanjang jalan 
“Sebelum Jalan santai para peserta diajak sholat subuh berjamaah bersama Walikota Palembang,” tukasnya
Sebagai informasi untuk rangkaian acara JSN Palembang 2019 ini akan dimulai pada hari Sabtu, 16/2 dengan berbagai kegiatan yaitu Seminar Kesehatan dengan tema “Rokok dan Masa Depan Generasi Muda di era 4.0”. Seminar  ini akan diselenggarakan di Griya Agung Palembang mulai jam 07.30 sampai dengan 12.00  dengan pembicara Ketua PB IDI periode 2018-2021 Dr Daeng M Faqih, SH MH, Praktisi Kesehatan dr. H Hakim Sorimuda Pohan, Sp. Og. Pembicara selanjutnya adalah Fuad Baradja, seorang aktor dan anggota Komnas Pengendalian Tembakau. Dan sebagai Moderator adalah dr. Mariatul Fadilah MARS yang merupakan CEO Azzahra Maternal and Neonatal Hospital.
Acara kedua adalah Dialog Kebangsaan dengan tema “Membangun Narasi Optimisme Kebangsaan Menuju Indonesia Maju dan Kuat” dengan menghadirkan beberapa tokoh nasional sebagai pembicara yaitu DR. Ir. Akbar Tandjung, Prof. DR Siti Zuhro, DR. Agung Firman Sampurna, SE, M.Si. Kemudian Prof. DR. Harry Azhar Aziz, MA, DR. Hamdan Zoelva, SH, MH dan DR. Mahmud Mulyadi, SH, M.Hum sebagai moderator. Dialog Kebangsaan akan dilaksanakan Sabtu (16/2) di Griya Agung Palembang.
Kegiatan berikutnya adalah Gala Dinner yang akan dilaksanakan juga di Griya Agung Palembang Jum’at malam (16/2). Sekaligus pemberian Award dan ramah tamah bersama Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru.
Adapun puncak rangkaian acara JSN Palembang 2019 akan dilaksanakan di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang sebagai pusat kegiatan. Peserta jalan sehat dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Sumsel tepat pada pukul 06.00. Setelah pelaksanaan jalan sehat, akan diadakan penarikan doorprise dengan hadiah utama satu buah rumah dari Gubernur Sumsel, Umroh dari Ketua KAHMI Sumsel, Joncik Muhammad dan  Walikota Palembang Harnojoyo serta berbagai hadiah lainnya.