SEKAYU,HS – Sebanyak 263 jemaah haji asal Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Jumat (30/8/2019) malam tiba di tanah air debarkasi Palembang.

Tercatat, sebelumnya ada sebanyak 265 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Muba dari kloter 14 yang berangkat, namun jemaah haji atas nama Hoirin yang didampingi istri Aprida Linda Astuti sedang mengalami sakit dan terpaksa kepulangan harus ditunda untuk mendapatkan perawatan di RS Madinah.

“Ada dua jemaah haji yang tertunda keberangkatannya karena sedang sakit dan harus mendapatkan perawatan intensif di RS Madinah,” ujar Kabag Kesra Pemkab Muba, H Opi Palopi.

Kemudian, satu jemaah haji atas nama Nuraida harus mendapatkan perawatan di RSMH Palembang. “Jadi, untuk total keseluruhan jemaah haji asal Muba yang Jumat malam ini kita berangkatkan kembali ke Muba ada sebanyak 262 jemaah haji,” ungkap Opi.

Sementara itu, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengucapkan selamat kembali ke tanah air kepada jemaah haji asal Muba.

“Untuk yang sedang mendapatkan perawatan, saya doakan semoga segera diberikan kesembuhan agar bisa kembali berkumpul dengan keluarga dan semoga semua jamaah haji asal Muba menjadi haji yang mabrur dan mabruroh ,” ujar Dodi yang juga Pembina Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumsel.

Terpisah itu salah satu jamaah asal Kecamatan Sanga Desa, Halim Alpatah Siyar (24) mengungkapkan rasa syukur atas kelancaran dalam beribadah haji dan bisa kembali ke tanah air dengan selamat.

“Alhamdullilah saya dan rombongan asal Muba bisa pulang semua dalam keadaan sehat, walaupun ada dua orang dalam keadaan belum sehat sekarang sedang dirawat. Bersyukur Allah swt memberikan kelancaran dalam kami menjalankan rukun islam kelima ini, “ucapnya.