pelatihan-up2k-pkk3

Wakil Ketua TP. PKK Provinsi Sumsel, Hj Tartila Ishak Mekki saat membuka kegiatan pelatihan UP2K di Aula TP PKK Provinsi Sumsel, Jalan Rajawali Palembang, Rabu (21/09).

PALEMBANG,HS – Berbagai cara dan upaya dilakukan Tim Pembina Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk membantu pemerintah menanggulangi kemiskinan. Salah satunya dengan menggelar pelatihan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Aula TP PKK Provinsi Sumsel, Jalan Rajawali Palembang, Rabu (21/09).

Pelatihan UP2K ini diperuntukkan seluruh pengurus kelompok kerja (Pokja) II TP PKK kabupaten/kota di Sumsel untuk selanjutnya diteruskan ke masyarakat.

“Pelatihan UP2K ini sangat penting, dalam rangka meningkatkan wawasan dan kemampuan pengurus Pokja II, khususnya di bidang administrasi. Tanpa ada administrasi tentu tidak baik. Untuk itulah diadakan pelatihan UP2K agar dapat berkembang dengan baik dan bisa menekan angka kemisikinan.” kata Wakil Ketua TP. PKK Provinsi Sumsel, Hj Tartila Ishak Mekki saat membuka kegiatan pelatihan UP2K.

Dia menambahkan, program unggulan TP PKK pusat adalah peningkatan perekonomian keluarga dan merupakan salah satu dari 10 program pokok PKK di Pokja II.

“Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, semua peserta dapat memahami dan melaksanakan UP2K dengan baik dan benar,” ujarnya

Lanjutnya Di kegiatan PKK khususnya di Pokja II, UP2K mempunyai tujuan memajukan dan mensejahterakan anggota dan masyarakat pada umumnya.

“Namun kita ketahui semua bahwa keberadan UP2K yang aktif baru sedikit dibandingkan jumlah desa di Sumsel. Namun jika berjalan dengan baik, dapat membantu penghasilan ekonomi keluarga,” kata dia

Sementara Ketua Pelaksana UP2K Provinsi Sumsel, Hj Sri Novianti menyampaikan, kegiatan UP2K diikuti 71 orang yang terdiri dari pengurus Pokja II TP PKK Kabupaten/Koto. Setiap kabupaten/kota masing-masing 3 orang. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, 20-22 September 2016.

“Untuk narasumber yaitu akademis dari pusat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel. Kegiatan ni bertujuan meningkatkan wawasan dan kemampuan peserta dalam menyelenggarakan UP2K sehingga peserta dapat memahaminya,” tutupnya.(MDN)