PALEMBANG,HS – Hari pertama dibukanya proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Tahun 1440 H/2019 M, sebanyak 403 Calon Jemaah Haji sudah melakukan proses pelunasan di Bank Penerima Setoran (BPS-BPIH).

Hal tersebut, terpantau dari Data pada Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan pada sesi waktu akhir pelunasan yakni pada pukul 15.00 WIB.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan melalui Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah mewakili H Armet Dachil mengatakan, bahwa pelaksanaan hari pertama terpantau jumlah calon jemaah haji tidak terlalu banyak yang melakukan proses pelunasan.

“Untuk hari pertama yang dimulai hari ini, sebanyak 403 Calon jemaah haji sudah melakukan proses pelunasan untuk biaya BPIH yang di pusatkan di Bank-Bank Penerima Setoran di Wilayah Kabupaten dan Kota masing-masing,” katanya, Rabu (20/3).

Proses pelunasan BPIH ini sendiri masih terus akan dibuka sampai dengan tanggal 15 April 2019 mendatang. “Untuk pembayaran pelunasan bisa melalui internet banking dan mobile banking. Adapun bank-bank yang melayani pembayaran pelunasan yaitu Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, BNI Syariah, Bank Mega Syariah, dan melalui ATM Bank Muamalat,” ujar Armet.

Armet menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan jajaran Kementerian Agama di Kabupaten dan Kota untuk berperan serta aktif dalam memantau pergerakan jemaah haji di wilayahnya masing masing.

“Kita juga meminta kepada kemenag kabupaten/kota agar meminta para calon jemaah hajinya untuk segera melunasi ke bank- bank yang sudah ditunjuk, mengingat kondisi geografis di tiap daerah berbeda, mulai dari akses jarak dan komunikasi,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya juga menghimbau kepada Calon Jemaah haji, untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta memperdalam ilmu manasik haji yang sudah dimulai beberapa bulan ini di tingkat kabupaten/Kota.

Pihaknya menghimbau kepada Calon Jemaah Haji untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta yang terpenting ilmu manasik hajinya, karena berangkat haji ini, merupakan ibadah yang kompleks, karena membutuhkan fisik yang prima, lebih kurang 40 Hari menjalani serangkaian ibadah baik itu rukun dan wajib haji.

Armet menambahkan, pelunasan biaya BPIH yang dibuka pada hari ini hingga tanggal 15 april 2019 mendatang adalah pelunasan biaya BPIH uintuk tahap pertama, sedangkan untuk tahap kedua akan dimulai pada 30 April hingga 10 Mei 2019.

“Biaya haji embarkasi Palembang sebesar Rp 33.429.575,” katanya.

Untuk diketahui, data SISKOHAT  menunjukan jumlah yang sudah melunasi pada hari pertama yaitu, Kota Palembang 109 Orang, Ogan Komering Ulu 24 Orang, Muara Enim 59 Orang, Lahat 63 Orang, Prabumulih 18 Orang, Lubuk Linggau 69 Orang, Banyuasin 14 Orang, OKU Timur 47 Orang,” tutupnya