HSMAI-Hosting-Digital-Marketing-Strategy-Conference

Manfaatkan website sebagai media untuk penyampaian informasi.

Haluan Sumatera – Saat ini digital marketing telah berhasil merubah gaya lama perusahaan melakukan promosi hingga penjualan, jika dulunya mengandalkan komunikasi melalui telpon hingga melakukan pertemuan langsung, saat ini cara-cara tersebut telah tergantikan dengan kehadiran digital marketing.

“Digital Marketing menjadi penentu brand perusahaan di mata konsumen serta masyarakat luas”, kata Chandra Ming, CEO Karirpad. Artikel berikut ini akan mengupas tools atau peralatan apa saja yang wajib dimiliki dan diketahui oleh seorang digital marketing.

  1. Email marketing

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan branding hingga promosi yaitu memanfaatkan website sebagai media untuk penyampaian informasi. Sematkan kolom subscribe untuk memudahkan klien, pelanggan hingga pihak-pihak terkait lainnya melihat informasi terkini seputar perusahaan Anda. bagikan informasi ini dalam konten email marketing yang menarik dan tentunya informatif. Dengan demikian memudahkan Anda untuk menyebarkan informasi secara online.

  1. Peralatan social media

Saat ini sudah banyak pihak ketiga aplikasi yang populer beredar di play store hingga apps store. Coba cermati terlebih dahulu sekiranya aplikasi apa yang tepat dan ideal untuk Anda. Mulai dari untuk social media, SEO, mengedit foto dan membuat desain hingga pengiriman email marketing. Manfaatkan semua aplikasi dan tools ini sebaik mungkin untuk memudahkan tugas Anda sebagai digital marketing.

  1. Produksi video

Saat ini foto dan konten yang menarik tidak cukup untuk mempromosikan perusahaan Anda, cara lain yang bisa dimanfaatkan adalah dengan menggunakan video. Manfaatkan channel gratis yang telah beredar saat ini, mulai dari Youtube, Instagram, Periscope, Snapchat dan lainnya untuk menampilkan konten video yang kreatif dan menarik. Dengan demikian proses branding dan promosi Anda bisa berjalan lebih efektif.

  1. Iklan social media berbayar

Salah satu cara cepat yang bisa dilakukan untuk mengakuisisi pelanggan, branding dan promosi adalah dengan memanfaatkan layanan iklan berbayar secara online. Fasilitas tersebut diantaranya adalah Facebook, Google Ads, Twitter Ads dan masih banyak lagi. “Ciptakan konten yang menarik dan buatlah budget khusus untuk melakukan promosi iklan berbayar secara online”, pesan Chandra Ming.

  1. UX design

Tentunya semua upaya Anda untuk mengandalkan situs, aplikasi hingga mobile browser akan menjadi percuma jika perusahaan Anda tidak memiliki tampilan UX design yang baik dan mudah dilihat. Untuk itu sebagai seorang digital marketing pastikan Anda mencermati dan menerapkan UX design yang tepat untuk perusahaan.(*)