PALEMBANG,HS – Proses pemilihan ketua Dewan Kesenian Palembang (DKP) periode 2019-2024 dilakukan secara terbuka. Pemilihan ketua dibuka secara umum dengan setiap pegiat kesenian bebas mencalonkan diri.

Dalam mekanisme pemilihan ini, Dinas Kebudayaan Palembang turut berperan serta memfasilitasi proses pemilihan. Di mana untuk menetapkan pengurus DKP yang baru, dilaksanakan oleh panitia bersama dengan membentuk steering committee (SC) dan organizing committee (OC).

Panitia bersama ini dipimpin oleh Vebri Al Lintani, ketua DKP di periode sebelumnya, dan Erwan dari Aliansi Kesenian, sebagai koordinator. Pendaftaran calon ketua juga sudah dibuka dan diperpanjang, dari sebelumnya 16 Oktober menjadi 20 Oktober 2019.

“Setelah kita menggelar rapat koordinasi di Dinas Kebudayaan hari ini, maka disepakati untuk pembentukan pengurus yang baru dilakukan oleh panitia bersama. Ini terbuka untuk umum, namun harus memenuhi beberapa kriteria,” kata Humas Kepanitian, Yos Rizal, Jum’at (4/10/2019).

Panitia sendiri telah menetapkan pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) DKP pada 5 November 2019. Rencananya kegiatan Musda tersebut berlangsung di Hotel Swarna Dwipa Palembang.

Menurut Yos, selain penetapan kepanitian dengan komposisi yang telah disepakati bersama, ditentukan juga bahwa pendaftaran bakal calon ketua DKP, bisa dilakukan di Sekretariat Dinas Kebudayaan Palembang.

“Untuk ketentuan syarat pencalonan ketua DKP bisa dilihat di Sekretariat Musda DKP. Nanti kami akan melakukan rapat lagi, untuk persiapan dan pemantapan kerja panitia, hal-hal yang belum bisa tertuang, akan diinformasikan lebih lanjut,” jelasnya.

Qusoy, anggota panitia bersama, menambahkan dari hasil rapat itu tujuannya untuk menyatukan visi demi kemajuan kesenian dan kebudayaan di Palembang. Diharapkan agar Musda DKP ini sukses dan menelurkan program-program yang bisa memajukan kesenian dan kebudayaan di Palembang.

“Hari ini kita bersama telah menyepakati untuk mensukseskan Musda DKP dan melebur bersama dalam satu visi demi kemajuan kesenian dan kebudayaan di Palembang,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesenian Dinas Kebudayaan Palembang, Lisa Surya Andika menjelaskan, bahwa sebagai pembina, Dinas Kebudayaan siap memfasilitasi proses pemilihan ketua DKP yang baru. “Kami sifatnya memfasilitasi. Untuk proses pemilihan tetap dilakukan oleh DKP,” ujarnya.