PALEMBANG,HS – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel akan terus melakukan monitoring terkait menjelang pemilihan Bupati Musi Banyuasin 15 Februari nanti,

“Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang diberikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel ada lima wilayah yang masuk zona merah di Muba yakni Tunggal Jaya, Sekayu, Bayung Lincir, Sungai Lilin dan Babat Supat,” ujar Kabid Politik,(Kesbangpol) Sumsel, Kurniawan Kantinoko saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/2).

Kurniawan juga menjelaskan, ditetapkannya sebagai zona merah ini berdasarkan tingkat kerawanan partisipasi di wilayah tersebut.  Artinya, di wilayah ini masyarakat rentan tidak mencoblos dalam Pilbup mendatang.

“Biasanya zona rawan partisipasi ini seperti perkebunan, perusahaan, pinggiran sungai, tingkat kesulitan sarana dan transportasi dan lain sebagainya,” terangnya.

Dia menerangkan, berdasarkan keterangan dari Bawaslu, IKP ini ditentukan tiga aspek yakni aspek penyelenggaraan, aspek kontestasi dan aspek partisipasi. Untuk aspek penyelenggaraan dan aspek kontestasi, sambung Kurniawan, IKP Pilbup Muba masuk zona kuning atau zona sedang, dengan nilai 2,25

“Artinya, untuk tingkat terjadinya pelanggaran seperti kerusuhan dan lain sebagainya tergolong kecil,” urainya

Sambung kurniawan, Sejauh ini tingkat partisipasi Pilbup Muba yakni sekitar 85 persen. Karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi agar tingkat partisipasi meningkat. Hal ini tentunya sesuai peran pemerintah daerah (Pemda) melalui Kesbangpol.

“Untuk tingkat partisipasi saat ini memang belum dapat dipastikan karena memang diketahui pada saat pilbup selesai. Jadi kami berupaya untuk selalu melakukan sosialisasi,” ulasnya

Lanjutnya, Selain itu, peran Pemda juga harus sesuai dengan Permen 61 tahun 2011 tentang pedoman pemantauan, pelaporan dan evaluasi perkembangan politik di daerah. Karena itu, Kaban Kesbangpol telah memerintahkan untuk membuat desk pilkada yang tujuannya untuk menerima laporan.

“Ini sudah dibuat sampai dengan selesainya pelaksanaan Pilbup Muba ini,” tegasnya.(MDN)