H. Harnojoyo Resmikan RSIA Kader Bangsa

7 tahun ago
799

PALEMBANG,HS – Kunci keberhasilan dari pelayanan kesehatan dari sebuah kota tidak dinilai dari banyaknya jumlah rumah sakit yang didirinkan, melainkan sejauh mana upaya masyarakat dalam menjaga kesehatannya melalui penyehatan lingkungan. Penegasan itu disampaikan Walikota H Harnojoyo saat meresmikan penggunaan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kader Bangsa yang berlokasi di Jl Kemas Rindo Kecamatan Kertapati, kemarin (27/1).

Peresmian RSIA Kader Bangsa ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilanjutkan pemotongan bunga melati oleh Wako Palembang sekaligus sebagai tanda operasionalnya RSIB Kader Bangsa ini. Di kesempatan itu, Wako didampingi sejumlah pejabat teras Pemkot Palembang diantaranya asisten I Kgs Sulaiman Amin, Kepala DKK Kota Palembang, Drs H Faizal AR,MSi didampingi ketua Yayasan Kader Bangsa Palembang, DR.Hj. Irzanita, SH,SE,SKM,MM,M,Kes dan Direktur RSIA Kader Bangsa, dr Fika Minata,MKes berkeliling melihat sejumlah ruangan di RSIB Kader Bangsa

“Kita mulai dari sektor hulunya sebagai titik pangkal kesehatan bagaimana mendidik masyarakat untuk berperilaku sehat, namun apabila masyarakatnya tidak benar-benar menjaga kesehatan sebanyak apapun rumah sakit didirikan akan tetap tak mencukupi,” tegas Harnojoyo saat dibincangi usai peresmian RSIA Kader Bangsa.

Harno berharap dengan pendirian RSIB Kader Bangsa ini sekaligus juga akan dapat menekan terjadinya angka kematian ibu dan anak di Kota Palembang yang sampai saat ini masih relatif tinggi sehingga dapat meningkatkan usia harapan hidup warga Kota Palembang. “Dengan mutu pelayanan yang betul-betul berkualitas dan bermutu kami yakin RSIB Kader Bangsa ini akan dapat diterima kehadirannya oleh warga Kota Palembang utamanya bagi kaum ibu dana anak-anak,” imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur RSIB Kader Bangsa dr Fika Minata M.Kes menjelaskan RS yang dipimpinnya ini dibangun tiga lantai dengan fasilitas diantaranya ruang Unit Gawat Darurat (UGD), empat poliklinik mayor meliputi poli penyakit dalam, poli anak, poli bedah dan poli kandungan “Selain itu kami juga disini menyiapkan ruang operasi dan beberapa ruang medis lainnya, khusus untuk dokter UGD saat ini kami memiliki tiga orang dokter jaga yang kesemuanya merupakan dokter umum serta empat dokter spesialis mayor. “Di lantai kedua kami ada bangsa untuk ibu dan anak termasuk di lantai tiga juga telah disiapkan bangsal bagi pasien,” sebut dr Fika.

Sebetulnya, sambung Fika untuk jangka panjang Yayasan Kader Bangsa Palembang mempersiapkan RSIB ini untuk menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) Kader Bangsa, namun kendalanya belum lengkapnya sejumlah sarana dan prasarana sesuai ketentuan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). “Tapi sejumlah sarana dan prasana menuju pendirian RSU ini secara bertahap kami bangun seperti areal lahan parkir yang berada di sebelah gedung RSIB dan sejumlah infrastrutur yang lainnya,” tegasnya. (HSN)