Tendangan penalti Sergio Aguero digagalkan oleh kiper Paraguay, Justo Villar.

Tendangan penalti Sergio Aguero digagalkan oleh kiper Paraguay, Justo Villar.

CORDOBA, HS – Bermain tanpa sang mega bintang Lionel Messi, tim nasional Argentina dipermalukan oleh Paraguay pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, Selasa (11/10) di Stadion Mario Alberto Kempes, Cordoba, Argentina.

Menjamu tim asuhan Francisco Arce, La Albiceleste dipaksa menyerah 0-1 lewat gol yang diciptakan penyerang muda, Derlis Gonzales pada menit 18. Argentina sebetulnya dapat menyamakan kedudukan andai saja tendangan penalti Sergio Aguero berbuah gol.

Sejak wasit meniup peluit tanda kick-off, Argentina langsung menyerang. Namun pemain Paraguay tampil penuh disiplin dan mampu melayani permainan terbuka yang diperagakan tim tuan rumah dengan baik.

Pada menit ke-7, justru tim tamu yang mengandalkan serangan balik nyaris menciptakan gol lewat kepala Gustavo Gomez. Namun demikian, kiper Argentina, Sergio Romero tampil baik untuk mengantisipasi peluang Paraguay.

Selanjutnya, pada menit ke-18, Derlis Gonzales yang saat ini memperkuat Dinamo Kyiv mampu  merubah papan skor dan membuat perbedaan.

Berawal dari serangan balik yang cepat, umpan Angel Romario ke sisi kiri pertahanan Argentina, Derlis Gonzales berlari kencang dan menggiring bola hingga memasuk kotak penalti Argentina.

Tembakan kaki kanannya yang menyusur ke kiri bawah gawang tak dapat diamankan oleh kiper Sergio Romero.

Kebobolan satu gol, Argentina berupaya meningkatkan tempo serangan namun hal ini justru membuat pertahanan mereka pontang panting mengantisipasi serangan balik dari tim tamu. Babak pertama berakhir dengan skor 0-1 untuk Paraguay.

Di babak kedua, Argentina tampil eksplosif membongkar jantung pertahanan Paraguay. Sepertinya upaya mereka akan berhasil ketika pada menit ke 47, pemain belakang Paraguay, Cesar Barrios melakukan handsball.

Wasit menunjuk titik putih dan Sergio ‘Kun’ Aguero maju sebagai algojo penalti. Kiper Paraguay, Justo Villar yang pernah terpilih sebagai kiper terbaik Copa America 2011 tampil prima dengan memblok tendangan Aguero.

Argentina gagal merubah papan skor. Selang beberapa menit kemudian, Argentina memperoleh tendangan bebas. Ever Banega mengeksekusi bola dan Justo Villar berhasil menepisnya, bola jatuh ke kaki Marcos Rojo yang langsung menendang ke gawang Paraguay.

Suporter Argentina pun bersorak merayakan gol penyeimbang. Namun di lapangan pertandingan, hakim garis mengangkat bendera tanda terjadinya offside. Wasit pun menganulir gol tersebut.

Hingga akhir pertandingan tak ada lagi gol yang tercipta. Argentina harus menahan malu dan kecewa, selain kalah mereka juga harus rela turun ke posisi 5 klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Sementara bagi Paraguay, kemenangan ini tetap membuat mereka berada di peringkat 6. (MIM)