PALEMBANG,HS – Program pembelajaran langsung atau yang lebih dikenal field trip menjadi agenda tahunan SD Methodist 2 Palembang,Kendati harus rela berpanas-panasan , tak menyurutkan semangat dari puluhan siswa sekolah dasar ini belajar mengenal dunia pertanian dan peternakan.

 
Field trip kali ini mengajak para siswa sekolah dasar berkunjung ke SMK pertanian pembangunan negeri sembawa Palembang. Beragam pengetahuan baru didapatkan setiap siswa , mulai dari mengenal bagaimana tata cara demontrasi pertanian, pemberian pangan kepada hewan ternak hingga bercocok tanam di kebun. Seperti keseruan yang terlihat ketika siswa diajak memasuki kebun buah naga, hingga berkeliling kawasan perkebunan kepala sawit dengan menggunakan mobil traktor.

 
Pimpinan sekolah Methodist 2, Benni Taslim mengungkapkan kegiatan field trip merupakan program unggulan yang dimiliki sekolah Methodist 2, dengan mengarahkan siswa untuk menggali potensi diri mereka masing-masing. Terutama bagiamana memacu sekaligus menumbuhkan sisi kreaatifitas para siswa sedari dini.

 

“ Ini yang kami tekankan di sekolah, selain ilmu secara teori tetapi siswa diajak untuk merasakan secara langsung sehingga bisa mengeluarkan potensi mereka. Pasalnya ilmu tidak hanya diperoleh dari guru dan buku, tetapi butuh interaksi langsung,” ujarnya, kamis (2/3).

 
Lebih jauh Benni mengatakan, program ini diterapkan mulai dari siswa SD,SMP dan SMA/SMK dengan bentuk pelaksanan yang dilakukan secara bergantian dan tema yang berbeda-beda. Dalam satu tahun, dikatakan Benni akan ada dua field trip yang akan diikuti seluruh siswa.

 

“ Khusus field trip kita tujukan bagi siswa kelas VI SD, dengan total ada sebanyak 50 anak. Sedangkan untuk jenjang lainnya punya tema yang berbeda, seperti tingkat SMP ke LPKA Pakjo dan SMA/SMK pernah ke Sosro dan PDAM,” ucapnya.

 
Dari aksi field trip ini, Benni menguraikan, siswa sangat antusias mengikuti serangkaian kegiatan yang dilakukan, dimana ada beberapa hal yang menjadi daya tarik bagi siswa. Misalnya di kandang ternak , para siswa berlombal-lomba dengan saling rebutan memberikan makanan ke hewan ternak yang ada.

 

“ Siswa terlihat lebih senang, terbukti mereka banyak bertanya langsung kepada para petugas yang ada. Hal ini tentunya berhasil memacu sisi keingingan tahuan siswa, terhadap dunia pertanian dan pertenakan,” ungkapnya.

 
Kedepan, Benni mengungkapkan, pihaknya akan membuat program field trip yang lebih berbeda dan menarik lagi, dengan bentuk kunjungan ketempat-tempat baru nantinya.

 

” Untuk sekarang mungkin masih sebatas wilayah Palembang dan sekitarnya yang akan kita eksplore bagi siswa SD dan SMP, namun untuk jenjang SMA/SMK akan diajak berkunjung ke luar Sumsel khususnya pulau jawa, kunjungan ini salah satu upaya untuk mengenalkan siswa wilayah Indonesia bukan hanya Sumsel Saja, ”pungkasnya (HSN)
.

.