Foto : Kabid jembatan dinas PUBM Sumsel Mucktar

PALEMBANG,HS – Sesuai intruksi Gubernur Sumsel H Herman Deru, melalui dinas PUBM terus mempercepat pembangunan infrastruktur jalan provinsi yang berada di kabupaten/kota di Sumsel.

Pada tahun 2019 setidaknya
rusak sepanjang 247,3 KM jalan di kabupaten/kota di Bumi Sriwijaya sudah rampung diperbaiki. Hingga akhir tahun ini Pemprov Sumsel melalui Dinas PUBM-TR Sumsel memastikan jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi akan mulus semua.

Kepala Bidang Jalan Dinas PUBM-TR Sumsel, Muchtar mengatakan progres perbaikan jalan yang rusak secara keseluruhan sudah berjalan 99,9 persen.
Pekerjaan pada tahun lalu itu kini hanya menyisakan satu proyek lagi yakni satu paket drainase di depan Kantor Gubernur Sumsel Jalan Rivai Palembang.

Diakuinya, agak sedikit lambannya pekerjaan paket drainase di depan kantor Gubernur Sumsel lantaran kontraknya paling lambat dibandingkan pekerjaan lain. Selain itu, banyaknya utilitas pekerjaan seperti PDAM, listrik, LRT di kawasan itu membuat proyek itu menjadi sedikit lambat.

“Pekerjaan tahun kemarin hampir 100 persen tinggal satu paket pekerjaan drainase lagi. Bulan depan insya allah selesai,” katanya, Selasa (7/1/2020).

Ia menjelaskan, perbaikan jalan di kabupaten/kota yang menjadi tanggung jawab Pemprov Sumsel akan kembali dilanjutkan pada tahun ini. Muchtar memastikan pada akhir tahun 2020 ini jalan provinsi semuanya akan menjadi mulus.

Untuk perbaikan jalan tersebut, Muchtar mengaku pihaknya menyiapkan anggaran Rp 1 T lebih sama seperti tahun kemarin.

“Rapat anggaran kemarin kan masih deadlock. Kemungkinan nilai perbaikan jalan provinsi masih sama seperti tahun kemarin,” ungkapnya

Diakui Muchtar, untuk perbaikan jalan pihaknya tidak pilih-pilih daerah mana saja yang akan diperbaiki. Seluruh jalan nasional di kabupaten/kota di Sumsel akan diprioritaskan.

“Tahun kemarin banyak di daerah Komering karena peningkatan jalan. Kalau di daerah seperti Lahat, Banyuasin dan lain-lain itu pemeliharaan semua. Target Gubernur 2020 jalan harus mulus,” tutupnya (Ron)