PALEMBANG,HS – Akhir bulan nanti satu trainset terakhir Light Rail Transit (LRT) bakal kembali tiba di Palembang. Seharusnya total LRT di Palembang berjumlah delapan trainset. Namun, saat ini baru tujuh trainset yang beroperasi.

Manajer Humas-Protokoler PT INKA (Persero) Exiandri Bambang P mengatakan, trainset kedelapan sejatinya telah dikirim sejak 18 November lalu melalui jalur laut.

“Tapi bisa saja berubah (kedatangannya) tergantung dengan kondisi laut dan cuaca,” katanya, Kamis (22/11/2018).

Lanjutnya, Trainset terakhir ini dikirim setelah melewati ujicoba dinamis di Madiun. Pengiriman trainset pamungkas itu diharapkan mampu mengangkut penumpang LRT lebih banyak lagi di Palembang.”Kami harap cuaca baik dan tidak ada gangguan. Sehingga (datangnya) dapat sesuai jadwal,” tambahnya.

Sementara itu, Manajer Humas Divre III Palembang Aida Suryanti menjelaskan, satu trainset ini nantinya terdiri dari tiga gerbong. Rangkaian itu akan tiba di Palembang melalui Pelabuhan Boom Baru.

“Setelah tiba nantinya akan dibawa ke Depo Jakabaring Palembang,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, Setelah tiba, trainset belum bisa langsung beroperasi melayani penumpang. Sebab masih perlu melalui proses pengecekan terakhir, misalnya kelengkapan.

“Ya, trainset LRT belum bisa dipakai untuk beroperasi, karena perlu pengecekan dukuh,” tutupnya