IST

PALEMBANG,HS – Ahkir Juli nanti Proyek jembatan musi lV yang menghubungkan, kawasan seberang ulu dan seberang ilir akan tersambung dan awal Agustus nanti bisa difungsionalkan untuk masyarakat Palembang.

Hal ini dikatakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metro Suwarno saat diwawancarai dikantornya senin (4/5/2018).

Menurutnya, saat ini progres pembangunan Jembatan Musi IV saat ini sudah mencapai 81,78 persen. Untuk pengerjaan saat ini masih fokus dipengerjaan konstruksi yang berada di tengah Sungai Musi.

“Secara umum progres sudah mencapai 81,78 persen. Kita masih fokus pengerjaan konstruksi di tengah sungai yang kami targetkan akan selesai akhir Juli dan difungsikan awal Agustus untuk Asian Games,” katanya

Ia juga menjelaskan, pengerjaan di bentang tengah tersebut berupa pemasangan box girder. Sampai saat ini sudah menyelesaikan 9 segmen dari total 18 segmen yang harus dikerjakan. Jadi pengerjaan tersebut tersisa sebanyak 9 segmen lagi.

“Kalau pengalaman sebelumnya, untuk pemasangan ini cukup memakan waktu, dimana pemasangan satu segmen itu paling tidak memerlukan waktu sekitar 5 sampai 6 hari. Itu tergantung cuaca, persiapan material dan lain-lain,” ujarnya

Ia juga optimis dalam waktu 45 hari kedepan seluruh segmen tersebut sudah tersambung. Jika pengerjaan ini selesai, pihaknya baru akan melakukan perapian masuk tahap finishing. Bagian ini juga tak  memakan waktu lama.

“Kalau sudah tersambung kita lakukan finishing langsung. Untuk finishing sendiri hanya mengaspal dan marka jalan lampu, kemungkinan pengerjaannya selesai dalam waktu 7 hari dan paling lama-lamanya itu sekitar 10 hari,” pungkasnya

Ia menambahkan, saat Asian Games jembatan Musi IV ini bisa dilalui. Namun untuk sementara tanpa akes pendekat yaitu hanya sampai Jalan Azhari.
Nanti setelah Asian Games baru dilanjutkan kembali sampai A Yani.

“Saat asian games nanti jembatan ini bisa dilalui oleh masyarakat” jelasnya