PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin Beberapa waktu lalu menghadirin promosi wisata sumsel dipameran pariswisata terbesar didunia Berlin, Jerman, sebagaimana sudah ditulis di media Sumsel berpartisipasi penuh.

“Tren warga dunia  ke depan, akan semakin banyak berkeliling, dari satu kota ke kota lain, dari satu negara ke negara lain dan belahan benua berbeda.” ujar Alex Saat dikutip di Facebook nya sabtu (18/3),

Alex juga menyampaikan, Jumlah penerbangan semakin tahun bertambah serta efisiensi biaya perjalanan baik dan menyuguhkan beragam tujuan ke setiap tempat ke berbagai negara atau daerah yang jeli,  memberi porsi besar perhatian kepada wisatawan.

Lanjutnya, Salah satu negara yang saya amati Turki. Penduduk mereka 70 juta, turis setahun 40 juta. Bila belanja masing-masing pelancong rata-rata sehari US$ 50 saja dengan masa tinggal 6 hari minimal bisa dihitung perputaran uang menggerakkan ekonomi. .

Maka kini pemerintah Turki bisa mensubsidi tour guide, dapat memberi honor pembuat karpet dua not, yang hanya berproduksi karpet satu atau dua  berkulitas tinggi saja, serta melakukan banyak terobosan. Cappadocia, sebagai salah satu kota tujuan wisata, kini di Eropa menjadi begitu populer. Orang Eropa bilang jangan mati dulu sebelum naik balon udara ke Cappadocia, Turki. Di sana balon udara bisa mencapai lebih 150 buah sekali terbang. Betapa warna-warninya langit Cappadocia.

Saya sudah lama membayangkan ada wilayah Sumsel bisa laksana Cappadocia, misalnya. Panorama Danau Ranau dari udara sesuatu menakjubkan. Olahraga paragliding, balon, bukan suatu mustahil booming. Karenanya rencana dan perencanaan infrastruktur pengembangan sudah lama kita lakukan akan tetapi pembangunannya, disesuaikan dengan ketersediaan dana. Dalam kerangka itulah berbagai terobosan siang malam saya berkutat lakukan. Pilihan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 jelas menjadikan Sumsel magnet kunjungan.

“Ya, saya sudah memimpikan kalau diwilayah sumsel ada cappadocia misalnya panorama alam kita ada seperti Danau Ranau kalau kita melihat dari udara pasti sama dengan yang di turki.”tegas Alex

Alex juga menambahkan, Saya bermimpi suatu saat nanti di Eropa sana,  orang juga akan bilang jangan mati sebelum ke Sumsel (MDN)