PALEMBANG,HS – Satu orang pasien Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Muhammad Hoesin, Palembang yang positif terkena penyakit Difteri mendapat tanggapan serius dari gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin. Alex meminta agar pasien yang terkena Difteri segera dirawat khusus.

“Pasien yang terkena Difteri harus dirawat khusus agar tidak menyebar lagi kepada  orang lain,” kata Alex Noerdin, Selasa (19/12/2017).

Lanjutnya, Saat ini, penyebaran penyakit Difteri ini tidak hanya di Sumsel, tetapi juga sudah banyak tersebar di 18 Provinsi yang ada di Indonesia.

“Kasus Difteri ini sudah banyak melebak di Indonesia. Kita harus segera mengambil langkah-langkah agar Difteri  tidak menyebar luas,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, penyakit Difteri ini bisa menyebar karena pergerakan penerbangan keluar masuk di setiap daerah luar biasa banyak. Khusus di Sumsel, dalam sehari ada 39 penerbangan keluar masuk Palembang baik keluar kota maupun ke luar negeri.

“Jadi kita kesulitan untuk mengatasi dan melokalisirnya penyakit Difteri ini,” bebernya.

Sebelumnya, dua orang pasien RSUP Muhammad Hoesin saat diperiksa di laboratorium salah satunya positif Difteri dan satu pasien lagi masih diperiksa di laboratorium.