PALEMBANG,HS– Komitmen akan kecintaan terhadap dunia olahraga tidak perlu lagi diragukan bagi Alex Noerdin.

Mantan Gubernur Sumsel dua periode ini terus mengabdikan dirinya untuk kemajuan dunia olahraga untuk Provinsi Sumsel.

Salah satunya lewat pembinaan sepakbola yang digagasnya bersama Eddy Sofyan, mantan pesepakbolaan nasional yang ngetop di jamannya.
Kegiatan pembinaan sepakbola itu dilakukan dengan cara mencari bibit sepakbola muda yang kemudian dibina oleh pemain sepakbola ngetop seperti Ronaldinho, Maradona dan lain-lainnya.

Kegiatan ini masih berlangsung dari satu kabupaten ke kabupaten lainnya di Sumsel.

Menurut Alex Noerdin, kegiatan ini bakal menjaring bibit pesepakbola yang handal. Pemain sepakbola tidak bisa dibentuk dadakan tetapi melalui pembinaan sejak dini dan berdasarkan bakat yang ada.

Selain penjaringan bibit pesepakbola anak, juga dilakukan pertandingan sepakbola antara tim lokal bersama tim bintang Indonesia.

Jejak rekam Alex Noerdin di bidang olahraga jangan diragukan lagi. Saat menjadi Bupati Musi Banyuasin, dia dengan beraninya mengajukan kabupaten yang dipimpinnya menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON).

Keinginannya menggelar pertandingan olahraga bertaraf internasional pun dia wujudkan dengan membangun Jakabaring Sport City, komplek olahraga terlengkap di satu area yang cuma satu-satunya di Indonesia, saat dia menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan.

Setelah ada JSC, Alex pun mengajukan diri sebagai tuan rumah pelaksanaan pertandingan olahraga se Asean yakni SEA Games yang berlangsung 2011 lalu. Upaya Alex didukung pemerintah Pusat.

Negara Asean pun terkagum kagum dengan JSC. Fasiltas olaraga bertaraf internasional ada di sana. Semua Atlet bertanding dengan sukacita tanpa ada keluhan. Nama Indonesia pun berkibar.

Setelah Sea Games 2011, Sumsel kembali menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games, suatu pertandingan olahraga di kalangan negara Islam digelar di Kota Palembang. Kemudian pertandingan olahraga mahasiswa se Asean pun digelar. Kembali nama Indonesia berkibar.

Orang di luar Indonesia terkagum-kagum karena ternyata di Indonesia ada komplek olahraga yang lengkap di satu area dan itu cuma ada di Sumsel

Setelah sukses menggelar kegiatan itu, Alex pun mengajukan Sumsel sebagai salah satu tuan rumah penyelenggaraan pertandingan olahraga Se Asia yakni Asian Games yang digelar di Jakarta dan Palembang.

Kegiatan ini sukses prestasi dan penyelengaraan. Dulu kegiatan itu berlangsung jaman Presiden Sukarno dan kemudian berlangsung di Indonesia salah satunya kota Palembang.

Nama Sumsel pun berkibar sampai ke ujung dunia. Seperti jaman dahulu ketika Kerajaan Sriwijaya merajai dunia. Inilah kiprah Alex Noerdin yang diakui dunia. Apa yang dilakukan Alex melebihi semua yang dilakukan gubernur lain.

Ketika Presiden Jokowi menyatakan Indonesia siap menggelar Olimpiade, ide ini malah sebelumnya sudah dilontarkan Alex Noerdin.

‘’Kalau saja saja saya masih bisa menjadi Gubernur, saya akan menggelar olimpiade,’’ ujarnya.

Ya memang Alex tidak bisa menjabat ketiga kalinya karena aturan yang menyatakan seorang kepala daerah hanya bisa menjabat dua priode.

Ternyata setelah sukses memimpin Sumsel dengan segudang prestasi dan kegiatan olahraga internasional, Alex tidak berpuas diri. Setelah berhenti jadi Gubernur dia terus berupaya meningkatkan prestasi olahraga salah satunya melalui pembinaan sepakbola usia dini yang sekarang dilakoninya.

Rakyat Sumsel seharusnya bangga dengan apa yang dilakukan Alex Noerdin. Banyak kenangan indah yang diberikannya.

Dampak kegiatan olahraga yang dilaksanakan di Sumsel telah merubah kota ini menjadi kota yang sangat maju di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi meningkat pesat. Salah satu indikatornya hotel pun kini jumlahnya ratusan di bangun di Sumsel.

Kiranya sangat wajar jika warga Sumatera Selatan mendukung Alex Noerdin menjadi wakil rakyat di DPR RI.

Bukan hanya mendukung tapi mencoblos namanya di kertas suara dalam pemilu yang akan digelar 17 April 2018 nanti.

Dengan memilih Alex Noerdin dan mendukungnya berada di DPR RI, kiprah Alex di bidang peningkatan pembangunan olahraga akan terus berlangsung. (ril)