PALEMBANG,HS – Sumatera Selatan Expo 2018 yang merupakan agenda rutin setiap tahun akan digelar mulai 16-25 Agustus 2018, di Dekranasda Jakabaring, Kota Palembang. Pembukaan event tahunan tersebut dipastikan bakal dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin.
Pembukaan Sumsel Expo juga dipastikan Dinas Perindustrian dan Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel akan berlangsung meriah, terlebih masyarakat Sumsel akan dihibur artis ibukota. Diantaranya, Anji Drive, Band Govinda, Siti Badriah dan lainnya.
Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel Ernila Rizar mengatakan, setelah rapat finalisasi ini dipastikan acara tersebut akan dibuka Gubernur Alex Noerdin. Selain itu, turut juga dihadiri Irjen Kementerian Perdagangan, Deputi Penanaman Modal yang rencananya juga akan membawa 70 investor dari luar negeri pada acara nanti.
“Kebetulan para investor itu ada acara di Kota Palembang, sehingga mereka akan diajak sekaligus ke Sumsel Expo. Tentu itu menguntungkan juga, kata Ernila usai Rapat Kordinasi Kesiapan Sumsel Expo di Pemprov Sumsel, Senin (13/8/2018).
Menurutnya, kedatangan investor mancanegara ini sekaligus dalam rangka invesment meeting di Sumsel. Maka dari itu nantinya investor tersebut sekaligus akan diperlihatkan dengan potensi industri di Palembang, khusunya produk-produk hasil Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal.
“Maka dari itu, kami sendiri  menyediakan tempat sekitar 100 stand yang khusus diberikan untuk pelaku UMKM lokal,” jelasnya.
Ia mengungkapkan, nantinya disiapkan both mengurus perizinan di Bumi Sriwijaya. Tujuanya, selain adanya transaksi di tempat tersebut dapat pula investasi yang masuk ke Sumsel. Mengenai sarana dan prasarana untuk Sumsel Expo sejauh ini pun dipastikan sudah siap.
Ia menjelaskan, nantinya Sumsel Expo akan diikuti oleh 350 stand. Selain itu, pihak panitia juga akan memudahkan masyarakat dengan masing-masing akan dibuat zona seperti ada zona Instansi, Perusahan dan UMKM.
“Untuk Sumsel Expo kali ini kami mentargetkan transaksi sebesar Rp10 miliar atau meningkat dari tahun lalu yang hanya Rp8 miliar sedangkan untuk target pengunjung sebanyak 8000 pengujung per hari,” tuturnya
Selain itu, lanjut dia, untuk masuk ke Sumsel Expo ini memang gratis dan dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 malam. Namun, untuk parkirnya bayar berupa parkir resmi yang flat. Untuk motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000.
Sementara Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar pun meminta agar panita penyelenggara benar-benar menyiapakan kegiatan ini secara matang, mengingat di tanggal tersebut juga bersamaan dengan digelarnya Asian Games 2018.
“Adapun kehadiran para investor itu di Sumsel Expo diharapakan dapat partisipasi, salah satunya bisa menjalin kerja sama untuk Sumsel,” tutupnya