PENDOPO,HS – Mantan Gubernur Sumsel dua Periode 2008-2018 H Alex Noerdin menyatakan dukungan kepada Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) untuk menjadi lumbung atlet bagi Provinsi Sumsel. Hal ini disampaikannya dalam sambutan selaku ketua umum KONI Sumsel saat melantik jajaran pengurus KONI Pali di gedung Pesos Komperta Pendopo, Senin (27/11).
Hadir juga dalam acara pelantikan tersebut, wakil ketua umum KONI Sumsel Dhennie Zainal, Kabid Organisasi Asdit Abdullah, ketu BAI Amir Faisal dan beberapa jajaran pengurus KONI Sumsel lainnya.
Lebih lanjut dikatakan Alex, kabupaten Pali memiliki potensi dalam pengembangan olahraga karena sudah pernah memiliki sejumlah fasilitas seperti golf bahkan boling.
“Meski daerah baru, tapi bisa justru memiliki potensi yang luar biasa khususnya di bidang olahraga apalagi ketua umum KONI nya langsung Bupati, jadi anggarannya besar dan pasti sangat perhatian,”jelas Alex.
Lebih lanjut dikatakannya, sebagai daerah baru tentunya ada dua potensi yang bisa diangkat yaitu kesenian dan olahraga. Namun potensi kesenian kita masih kalah dengan pulau jawa.
“Jadi memang potensi olehraha sangat besar, apalagi sudah banyak atlet yang berpretasi yang di bina kabupaten Pali. Strateginya adalah silahkan satu, dua atau tiga cabang olahraha unggulan agar bisa dibina secara fokus, mari l sama-sama mengangkat harkat dan martabat kabupaten pali melalui olahraga,”serunya.
Sementara itu, ketua umum KONI Pali yang baru dilantik Heri Amalindo saat sambutan menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Alex Noerdin yang sudah banyak berperan dalam kemajuan Kabupaten Pali. “Sepeti kita ketahui bapak Alex adalah satu-satunya gubernur se Indonesia yang mendapat anugerah bintang Mahaputra Utama dari presiden RI dan satu-satunya tokoh olahraga terbaik se Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari  peran pak Alex yang telah sukses menjadi pemimpin visioner,”disampaikannya.
Ditambahkannya lagi, peran Pak Alex Noerdin juga telah membuat pembangunan di daerah berjalan dengan baik dan berbagai akses jalan yang dulu sulit ke Pali sekarang sudah di bangun.
“Dari sisi olahraga, kabupaten Pali kalau kita cermati memiliki atlet dari berbagai cabang olahraga dan ini bagaimana kita memanfaatkan potensi atlet ini,”tegas Heri Amalindo