IMG-20160803-WA0007

PALEMBANG, HALUAN SUMATERA – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H.Alex Noerdin melantik Kepala Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumsel Drs. Waspi, di Graha Bina Praja, Palembang, Rabu (3/8).

Dalam sambutannya, Alex mengharapkan BKKBN dapat lebih meningkatkan keberhasilannya dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, dimana saat ini Provinsi Sumsel merupakan Provinsi percontohan bagi Provinsi lain.

“Untuk itu, kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel yang baru dilantik agar dapat bekerja dan berkoordinasi secara lebih optimal, sehingga program kependudukan keluarga berencan dan pembangunan keluarga di Provinsi Sumsel bisa mendukung Asean Games mendatang,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala BKKBN Pusat Surya Chandra Surapaty menegaskan jika BKKBN siap membantu pemeritah daerah menyukseskan Asian Games 2018.

“Saya meminta pejabat yang baru bekerja dengan sungguh-sungguh, pahami dan adaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. Saya harap pejabat akan dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah baik provinsi maupun Kabupaten/Kota,” tegasnya.

Ia menjelaskan,  saat ini kampung Keluarga Berencana cukup efektif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Dengan adanya kampung Keluarga Berencana (KB-), maka jumlah penduduk diharapkan menurun dan kesehatan ibu juga akan meningkat,” katanya.

Menurut Surya Chandra, hal tersebut karena sasaran kampung KB yakni daerah yang penduduknya padat dan masyarakatnya miskin.

Dia mengatakan, umumnya perkampungan yang ekonominya kurang maka penduduknya juga padat termasuk fasilitas kesehatan minim.

“Jadi bila tidak dibuat program kampung KB maka kualitas penduduk di perkampungan tersebut terus meningkat sekaligus kesehatannya rentan,” kata dia.

Oleh karena itu pihaknya memprogramkan setiap kabupaten dan kota di Indonesia memiliki kampung KB.

“Bila perlu bagi perkampungan yang memenuhi syarat untuk dijadikan kampung KB maka akan dibentuk,”kata dia.

Ini memang tugas BKKBN yang antara lain membatasi jumlah penduduk dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, ujar dia.

Ia menambahkan, BKKBN baru saja sukses melaksanakan Hari Keluarga Nasional di Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam peringatan tersebut Presiden Joko Widodo memberikan pesan agar keluarga melahirkan generasi emas yang berdaya saing tinggi. Peran keluarga sangat penting dalam upaya melahirkan generasi Indonesia yang berkualitas tinggi

Presiden juga berpesan agar keluarga bisa menjamin anak-anak terlindung dari perilaku kekerasan. Sebagai pihak terdekat dengan anak-anak, keluarga menjadi yang pertama harus memberikan perlindungan. (Andi Haryadi)