Alfred Riedl saat memimpin TC timnas di Stadion Manahan, Solo.

Alfred Riedl saat memimpin TC timnas di Stadion Manahan, Solo.

SOLO, HS – Tim Nasional (Timnas) Indonesia telah memulai latihan perdana dalam Training Camp (TC) di Stadion Manahan, Solo, Kamis (22/9). Namun disayangkan, fokus pemain dan jajaran pelatih timnas sedikit terganggu oleh suara bising dari knalpot dan deru mesin sepeda motor para pembalap yang sedang berlatih di luar stadion.

Gangguan suara bising tersebut bahkan telah dimulai sejak bis rombongan timnas Indonesia tiba di lokasi latihan sekitar pukul 4 sore. Suara bising ini bahkan terdengar hingga ke dalam lapangan Stadion Manahan.

Pelatih timnas Alfred Riedl, mengeluhkan hal ini. Menurutnya, suara bising yang dikeluarkan knalpot dan deru mesin sepeda motor balap tersebut tidak hanya mengganggu dirinya, namun juga konsentrasi para pemain saat latihan perdana di Stadion Manahan ini.

“Seharusnya tidak ada suara seperti ini saat latihan di sini. Semoga besok saat latihan lagi, tidak ada suara bising latihan balap sepeda motor,” ucapnya.

Mengenai TC Timnas, Riedl mengatakan bahwa TC di Solo akan digelar selama lima hari tepatnya hingga tanggal 27 September 2016 mendatang. Porsi latihan perdana ini hanya untuk melakukan identifikasi untuk posisi-posisi pemain dalam skuat timnas.

“Kita dalam latihan perdana ini belum berlatih banyak. Sekarang hanya melakukan identifikasi kemampuan pemain untuk menentukan posisinya,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Riedl selama melakukan pemusatan latihan di Solo, para pemain akan digembleng untuk porsi latihan fisik dan taktik.

Pemusatan latihan ini sendiri digelar sebagai persiapan timnas untuk menghadapi ajang Piala AFF 2017, November mendatang. Indonesia akan tampil di Grup A bersama tuan rumah Filipina, Thailand, dan Singapura.

Timnas Garuda direncanakan juga menggelar laga uji coba di sela-sela pemusatan latihan. Namun, hingga kini, belum ada kejelasan, kapan dan siapa lawan yang akan mereka hadapi. (MIM)