PALEMBANG,HS – Tokoh budaya dan seni Sumatera Selatan (Sumsel), Mohamad Ali yang didalam dunia gerakan dan kebudayaan dikenal dengan Nama Ali Goik,  Jumat (27/12) akan merilis album “Pesan Damai Simbur Cahaya”.

Kenapa Ali Goik memilih Pesan Damai Simbur Cahaya sebagai tema albumnya hal ini semata-mata disebabkan karena keprihatinanannya akan kebudayaan yang ada di Sumsel terutama nilai nilai Simbur Cahaya yang lambat laun mulai menghilang dan termakan oleh kemajuan Zaman.

Simbur Cahaya sendiri adalah undang undang yang dipakai didalam pemerintahan marga sebelum marga dibubarkan, Simbur Cahaya di kodifikasi oleh istri raja Palembang, Ratu Sinuhun yang mengumpulkan aturan aturan adat yang tadinya lisan menjadi tertulis dan tertuang didalam kitab Undang Undang Simbur Cahaya.

Menurut Ali Goik didalam album ini ada 4 Kabupaten Kota yang terwakilkan didalam album ini, diantaranya Ogan Komering Ilir yang diwakili oleh kecamatan Pedamaran dengan lagu Berambak, Kabupaten Ogan Ilir diwakili oleh kecamatan Tanjung Raja dengan lagu Kenceran dan Lungguk Kojaman Kabupaten Banyuasin diwakili oleh Kecamatan Banyuasin II judul lagu Sungsangku Bersih dan Pasir Hitam Sungai Sembilang dan Kota Palembang Sendiri lagu Tam Tam Duku.

“Mudah mudahan lagu yang dikemas didalam album tembang Damai simbur Cahaya dapat menjadi semangat baru bagi Keempat kabupaten kota ini untuk melestarikan kebudayaan permainan anak anak anak yang mulai langka dimainkan karena disibukkan dengan game Online, olahraga tradisional dan menjaga alam serta lingkungan agar menjadi asri,” tutupnya (Net)