Pertemuan Ow/Butet berhadapan dengan Praveen/Debby pada perempat final Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Pertemuan Ow/Butet berhadapan dengan Praveen/Debby pada perempat final Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

HONGKONG, HS – Dua ganda campuran Indonesia maju akhirnya maju ke final Hongkong Open 2016. Pasangan kedua yang lolos adalah Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir (Owi/Butet) usai kalahkan tuan rumah dua set langsung 23-21 dan 21-14. Dengan demikian akan terjadi all Indonesian final, dimana dua pasangan Indonesia akan berlaga di babak final, Minggu (27/11).

Set pertama sempat unggul, Owi/Butet ditinggal lawannya pada angka 4-5 namun keadaan masih bisa dikontrol dengan baik. Sayang nya interval pertama diamankan Hongkong dengan jarak skor 7-11. Catatan permainan kali ini ternyata pasangan Indonesia sedikit timpang saat Butet dilanda cedera .

Terlihat dua kali service lambung lawan tak dikejar oleh Butet dan dibiarkan begitu saja seakan tak mau memaksakan hingga menambah parah kaki nya yang cedera. Sempat tertinggal cukup jauh akhirnya kembali mendekat pasangan Owi/Butet pada jarak 10-12 .

Angka kritis sempat sama kuat 17-17 dan akhirnya set pertama permainan dimenangkan oleh pasangan Tontowi Ahmad – Liliyana Natsir 23-21 setelah sempat terjadi deuce .

Di game kedua Indonesia mampu unggul di awal dengan tinggalkan lawan pada jarak 9-5. Akhirnya interval pertama pasangan Indonesia menang sementara dengan 11-6 atas Hongkong.

Angka genting sudah masuk posisi Indonesia unggul 18-14 dalam game kedua, pasangan Hongkong memang gesit namun kalah skill di depan net. Match poin didapatkan usai Tontowi hasilkan angka dan menutup dengan smash keras 21-14.

Minggu (27/11) dua pasangan ganda campuran Indonesia bertemu di babak final usai sebelumnya Praveen Jordan dan Debby Susanto (Praveen/Debby) juga lolos ke final. Sebelumnya Praveen/Debby berhasil mengalahkan pasangan Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Chae Yoo-jung dengan 19-21, 21-18, 21-18. (AND)