foto (ist)

PALEMBANG,HS – Kepala Bidang Kesehatan Federasi Dayung Asia, Hiura Mikio, mengingatkan  kepada atlet dayung yang bertanding pada asian games di Palembang, supaya mewaspadai temperatur kota pempek itu, alasannya karena suhu yang sangat panas.

Menururt Mikio, bertanding di tempat terbuka dengan kondisi suhu 34-37 derajat celcius akan mudah sekali membuat atlet dayung dehidrasi.

“Suhu panas, dan gerakan fisik yang menguras energi, atlet akan mudah pingsan,” lanjut dokter asal Jepang ini saat konferensi pers di Ruang Media Venue Dayung, Sabtu 18 Agustus 2018.

Lulusan Universitas Aomori dengan keahlian sebagai dokter olahraga, bedah saraf, dan biologi psikologi itu juga memprediksi akan banyak atlet yang akan jatuh pingsan pada hari pertandingan nanti.

“Saya memperkirakan 5 sampai 6 atlet yang pingsan setiap hari karena cuaca seperti ini,” lanjutnya.

Dia juga mengingatkan para ofisial, supaya tahu cara melihat gejala atlit yang akan dehidrasi, yakni kehausan, merasakan keram, sakit kepala dan lelah di sekujur tubuh.

“Bila terjadi gejala seperti itu, jangan sampai dibiarkan dan terjadi pingsan,” ujarnya.

Pria Jepang itu menjelaskan, himbauannya ini atas riset kecil tim-nya menggunakan alat Wet-Bub Globe Temperature (WGBT) yang berfungsi mengetahui temperatur, kelembaban, suhu basah atau kering, kecepatan angin, sudut matahari dan awan (radiasi matahari) di lingkungan kerja.

“Alat ini bisa untuk memanajemen heat stress bagi atlet, pengawasan untuk kualitas udara dan ruangan,” katanya.

Ketua Sub Bidang Sport Medical dan Doping Dayung Indonesia, Zainal Abidin, mengatakan hal sama dengan Hiura Mikio, dia bahkan dari hari pertama latihan di Palembang, mewanti-wanti atlit dayung Indonesia supaya sadar diri dengan suhu di Palembang.

“Bila haus, mereka harus segera minum, jangan ditunda, jangan sampai mereka dehidrasi dan pingsan,” ujar Zainal.

Zainal mengatakan cara dini menghindari dehidrasi hingga pingsan dalam pertandingan nanti hanya dengan cara minum air mineral bila haus, dan istirahat bila mulai merasa sakit kepala, keram hingga lelah di sekujur tubuh.

“Tim medis memang sudah siap untuk mereka, tapi mereka lebih tahu gejala fisik mereka sendiri,” katanya.

Pada Asian Games 2018, cabang olahraga dayung diikuti oleh 24 negara dengan jumlah peserta 265 orang untuk atlet putra dan ofisialnya, serta 130 orang untuk atlit putri bersama ofisialnya. dAYUNG akan memperebutkan 36 medali emas