Foto bersama Tim Safety Riding Astra Motor Sumsel, Satlantas Polresta Palembang dan siswasiswi SMA Negeri 3 Palembang.

Foto bersama Tim Safety Riding Astra Motor Sumsel, Satlantas Polresta Palembang dan siswasiswi SMA Negeri 3 Palembang.

PALEMBANG, HS – Astra Motor Sumsel (AMS) selaku main diler PT Astra Honda Motor kembali menggelar kampanye safety riding kepada pelajar di Palembang dan kali ini SMA N 3 Palembang menjadi sasaran Astra Motor Sumsel untuk menerapkan edukasi safety riding. Bertempat di lapangan SMA N3 Palembang, puluhan pelajar terlihat mengikuti edukasi safety riding yang dipandu langsung Tim Safety Riding Astra Motor Sumsel ,Minggu (28/8).

Tujuan diadakan edukasi safety riding ini untuk membangun generasi muda yang tertib berlalu lintas dan proaktif dalam membagikan ilmu safety riding bagi lingkungannya. Selain itu, dengan diadakannya kegiatan ini semakin meningkatkan kesadaran pelajar SMA tentang pentingnya mengutamakan keselamatan berkendara.

Terbagi menjadi 2 sesi dan untuk sesi pertama pelajar dibekali dengan teori safety riding seperti pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum berkendara seperti helm, jaket, celana panjang, sarung tangan dan sepatu. Kemudian postur saat berkendara juga harus diperhatikan agar tetap nyaman dan aman.Kemudian hal yang paling penting dan sangat ditekankan pelatih adalah tidak menggunakan ponsel (handphone) saat berkendara.Semua materi ini diharapkandapat membentuk kebiasaan tertib berkendara dalam kehidupan sehari-hari.

fr2

Pemberian CD Safety Riding oleh instruktur Safety Riding Muhammad Isnaini kepada Perwakilan SMA N 3 Palembang, Apriyati didampingi oleh Kepala Unit Satlantas Polresta Palembang, Aipda M.Muhtasor (kiri) dan Iptu A.Rizal. (2)

Kemudian untuk sesi kedua, pelajar diajak praktik di lapangan sekolah untuk menerapkan teori safety riding dengan menggunakan motor Honda All New BeAT eSP.Salah satu teknik safety riding yang dipraktikkan adalah teknik pengereman, teknik slalom dan teknik keseimbangan. Pelajar yang mengikuti praktik safety riding ini yang sudah diseleksi dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kepala Wilayah Astra Motor Sumsel, Ronny Agustinus kepada media menyatakan, generasi muda menjadi salah satu agen pelaku perubahan yang harus diajak dan terus dilibatkan untuk menyebarkan kampanye keselamatan berkendara bagi pengguna jalan raya.

“Menumbuhkan kesadaran akan keselamatan berkendara di jalan raya bagi pelajar membutuhkan konsistensi dan dukungan dari berbagai pihak. Honda sangat peduli akan hak tersebut, sehingga dengan adanya edukasi safety riding ini dapat menjadi sebuah kebiasaan tertib berkendara dikalangan generasi muda.” ujar Ronny.

Ashadi Ilham, siswa kelas XII SMA Negeri 3 Palembang ini menuturkan “safety riding ini sangat penting dan edukasi yang diberikan banyak mengajarkan kita untuk menaati peraturan lalu lintas, karena kalau ingin berkendara harus aman dulu agar tidak terjadi hal-hal yg tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Setelah acara ini, tim safety riding Astra Motor Sumsel juga akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan tingkat provinsi Sumatera Selatan untuk sosialisasi edukasi dan pembekalan safety riding dalam rangka pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Berkendara yang akan dikirimkan untuk berlomba ke tingkat Nasional.(UDI)