Sebanyak 600 aparat keamanan disiagakan untuk mendukung lancarnya  pelaksanaan Pilkades serentak di 175 desa di OI.

Sebanyak 600 aparat keamanan disiagakan untuk mendukung lancarnya pelaksanaan Pilkades serentak di 175 desa di OI.

OI, HS – Sebanyak 600 anggota gabungan baik dari Polisi, TNI dan Satpol PP Ogan Ilir akan dikerahkan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Ogan Ilir di 175 desa tahun 2016 ini.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Arif Rifai SIK, dalam apel pasukan pengamanan Pilkades OI, mengatakan pengerahan pasukan ke seluruh wilayah yang telibat dalam Pilkades untuk mengantisipasi konflik antar pendukung.

Kita tegaskan, siapapun yang akan mengacau dalam pilkades, akan ditindak tegasKami sudah berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pilkades,” ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, pihaknya sudah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan pilkades. Dari 175 desa yang akan melangsungkan pilkades, ada sejumlah desa yang dinyatakan rawan akan konflik horizontal. Desa tersebut berada di tiap kecamatan.

“Kami tidak akan menyebutkan desa apa yang menjadi intens kami. Pastinya kami akan menambah personil dari biasanya. Jumlah personil yang diturunkan dalam pilkades sebanyak 600,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengamanan ini bukan saja mengamankan terlaksananya pilkades dengan lancar,  melainkan juga mengamankan para peserta yang akan mencalonkan diri sebagai calon kepala desa.

Kapolres melanjutkan, pengamanan pilkades ini juga didukung pihak terkait lainnya seperti TNI, Pol PP dan tokoh masyarakat dalam Kabupaten Ogan Ilir.

Polres menggelar pasukan untuk mengamankan Pilkades di Mapolres OI, Selasa (11/10), yang dihadiri unsur muspida. (EL)