OKU, HS – Penindasan dan pembantaian umat muslim di Rohingya saat ini mengetuk hati dari berbagai elemen bangsa. Begitupun Republik Indonesia berupaya baik secara diplomasi maupun bantuan kemanusiaan bahkan pemerintah akan membangun rumah sakit sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan.

Banyak aksi yang dilakukan di republik ini, diantaranya Aliansi Pemuda Islam yang merupakan gabungan dari berbagai elemen kepemudaan dan ormas Islam Kabupaten OKU.

Aliansi Pemuda Islam menyerukan serta mengetuk hati umat untuk peduli dan berbagi guna membantu umat muslim yang saat ini tertindas oleh perang etnis dan perang saudara yang terjadi di Myanmar.

Kepedukian Aliansi Pemuda Islam OKU tersebut diwujudkan dalam aksi pengumpulan dana sumbangan yang dilakukan oleh generasi muda Islam OKU.

Aksi kemanusiaan tersebut sampai ke Gedung Dewan, yang mana Aliansi Pemuda Islam OKU diterima oleh Yopi Sahrudin SE, Anggota DPRD OKU.

Beberapa tuntutan yang tertulis di spanduk yang digelar oleh peserta aksi diantaranya, “Usir Dubes Myanmar dari Indonesia”, “Stop Hubungan Diplomatik dengan Myanmar”, “Kirim Pasukan Garuda ke Myanmar”, “Mendesak Pemerintah Indonesia Memfasilitasi Pengungsi Rohingya.”

Sekantara itu, Yopi dalam sambutanya mengatakan ia mengapresiasi aksi yang dilakukan API dan mengatakan aksi tersebut cukup menggugah hati.

“Yang mana sama-sama kita ketahui bahwa saudara kita umat muslim yang ada di Rohingya saat ini sedang tertindas. Saya sangat mengapresiasi aksi yang dilakukan oleh adik-adik yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Islam OKU ini, suatu wujud keperdulian yang positif untuk kemanusiaan,” ujar Yopi.

Setelah menyampaikan aksinya ke DPRD OKU, Aliansi Pemuda Islam OKU tersebut langsung meneruskan aksi penggalangan dana kemanusian untuk Rohingya. Massa aksi bergerak menuju Pusat Keramaian Kota Baturaja. (WHY)