PALEMBANG, HS – Mengingat beasiswa bidikmisi dinilai bisa meningkatkan jumlah Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan jenjang perguruan tinggi, maka dari itu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Selatan berharap kuota beasiswa bidikmisi khusus mahasiswa di lingkungan PTS bisa dialokasikan dalam jumlah besar.
Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) Sumsel-Babel, Drs Muhamad Helmi MS menyebutkan alokasi kuota beasiswa bidikmisi pada 2016 lalu untuk di wilayah Sumsel dialokasikan sebanyak 600. “Ya, kami meminta supaya 2017 ini kuota bidikmisi untuk PTS di Sumsel bisa bertambah,” ujarnya di sela Musyawarah Wilayah (Muswil) Aptisi Sumsel-Babel di RM Sri Melayu, Rabu (1/02).
Dikatakan, ada sebanyak 115 PTS yang tersebar di Sumsel, oleh sebab itu kuota bidikmisi di Sumsel juga harus besar. “Jadi, bagi anak usia perguruan tinggi yang belum bisa mengenyam pendidikan bisa terakomodir dengan adanya program bidikmisi,” katanya.
Lanjutnya, pihak Aptisi tidak ingin menuntut jumlah kuota bidikmisi yang harus dialokasikan, tetapi Pemerintah pusat juga harus memperhatikan capaian APK di masing-masing wilayah. “Kalau kuota sudah pas, tentu APK pendidikan tinggi bisa terdongkrak,” ungkapnya.
Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah II Sumbagsel-Babel Prof Dr Slamet Widodo MS MM meminta supaya seluruh PTS di lingkungan Kopertis Wilayah II meningkatkan mutu pendidikan di masing-masing perguruan tinggi. “Ya, harus komitmen untuk terus meningkatkan kualitas masing-masing PTS,” tuturnya.
Ia berharap, “Kopertis Wilayah II akan terus berusaha membina dan mengawasi PTS-PTS di Sumsel dan Babel, sebab PTS menjadi bagian yang konsen untuk meningkatkan jumlah APK pendidikan tinggi,” pungkasnya(HSN)