Foto (Ist)

PALEMBANG,HS – Menanggapi adanya segelintir kader dan simpatisan PAN Sumsel yang menyatakan dukungan kepada calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Pengurus DPW PAN Sumsel angkat bicara.
“Terkait adanya deklarasi dukungan ke pasangan nomor urut 01 hari ini yang mengatasnamakan kader dan simpatisan DPW PAN Sumsel, kami tegaskan ini adalah ulah oknum yang memang selama ini cuma memiliki kedekatan dengan dengan beberapa  pengurus dan kader PAN di Sumsel,” tegas Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan (POK) DPW PAN Sumsel Mardiansyah, Rabu (12/12/2018).
Menurut Mardiansyah, mereka bukan kader dan bukan pula pengurus DPW PAN Sumsel.
“Mereka bukan kader, apalagi pengurus DPW PAN Sumsel,” tegas Mardiansyah.
Dia juga menyesalkan ulah pihak yang mengaku sebagai kader tersebut yang seolah-olah mempresentasikan sebagai kader dan simpatisan.
“Sangat disesalkan seolah-olah mereka merepresentasikan kader dan simpatisan. Kita semua maklum, apalagi di bulan-bulan politik ini, banyak sekali pihak yang coba nyari panggung dan minta perhatian. Ditambah lagi ini di Sumsel yang notabenenya salah satu basis Prabowo-Sandi. Dan membawa-bawa nama PAN Sumsel, yang kita tahu sangat solid mendukung Pasangan Nomor 02,” katanya.
“Kita juga bisa melihat dari acara deklarasi yang mereka lakukan, berapa banyak yang hadir, siapa-siapa yang hadir, terdapat banyak sekali kejanggalan,” imbuh Mardiansyah.
Dilanjutkannya, seandainya ada pengurus, kader maupun simpatisan Sumsel yang berani mengangkangi putusan DPP, maka pihaknya dari DPW PAN Sumsel segera akan merekomendasi pemecatan untuk yang bersangkutan.
“Kita tak ingin, institusi PAN Sumsel ini dimanfaatkan oleh kepentingan picik segelintir oknum yang memang tidak jelas statusnya di DPW PAN Sumsel,” tegasnya.
Mardiansyah mengatakan, dukungan PAN terhadap pasangan Prabowo-Sandi merupakan Keputusan Rakernas PAN 2018. Dimana Rakernas adalah forum pengambilan keputusan tertinggi setelah Kongres sesuai AD ART PAN.
“Banyak hal yang mendasari putusan ini, antara lain sesuai dengan aspirasi dan keinginan dari ulama dan umat serta tentunya juga keinginan dari seluruh kader PAN se Indonesia di masing-masing tingkatan. Karena dalam forum Rakernas tersebut semua DPW dimintai rekomendasi dan usulan terkait capres yang akan diusung.
“Seingat saya, semua DPW satu suara untuk mendukung Prabowo sebagai Capres. Terkhusus di Sumsel, saya meyakini insyaAllah semua pengurus, kader dan simpatisan PAN Sumsel solid dan satu suara mendukung Prabowo-Sandi,” pungkasnya.
Diketahui, sejumlah pihak yang mengaku sebagai kader dan simpatisan PAN Sumsel menyatakan dukungan pada capres Jokowi-Ma’ruf.
Salah satu kader PAN, Solahudin dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung Metrotv menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Ma’ruf.
Alasannya mendukung pasangan capres nomor urut 01, karena ingin melanjutkan keberhasilan Jokowi.
“Dengan ini kami menyatakan dukungan untuk Capres Jokowi dan Cawapres Ma’ruf Amin. Yang mendasarinya karena kami sudah melihat pembangunan di Indonesia selama masa kerja Jokowi khususnya infrastruktur di Sumsel seperti LRT, Jalan Tol, Jembatan Musi IV dan V juga ada pemberian sertifikat tanah gratis,” ungkap Kader PAN Sumsel, Sholahudin saat acara live di MetroTV, Rabu (12/12). sore.
Menurut Sholahudin, dirinya bersama kader lain siap menerima semua konsekuensi yang akan diberikan oleh DPP PAN terhadap dukungan ke Capres nomor urut 01.
“Kami siap menerima segala konsekuensi untuk mendukung Jokowi – Ma’ruf. Kami juga harap kader lain dapat mengalihkan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf,” tutupnya