Foto (Ist)

PALEMBANG,HS – Jalan Tol Trans Sumatera ruas Palembang-Lampung akan difungsionalkan pada arus mudik lebaran tahun ini. Para pemudik pun  dapat lebih cepat mencapai tempat tujuan,  lantaran melalui jalan tol tersebut dapat memangkas jarak hingga 48 kilometer,  Selasa (7/5/2019).
Pimpinan Proyek Tol Pematang Panggang – Kayu agung,  Fahrudin Haryanto menjelaskan secara fisik ruas tol Pematang Panggang- Kayu Agung sudah dapat dilewati para pemudik.  Hanya saja untuk mengetahui bisa atau tidak dilintasi oleh pemudik, pihaknya masih menunggu evaluasi dari Korlantas dan Kementrian Perhubungan untuk kelayakannya.
“Secara fisik tol sudah dapat dilalui pada lebaran ini.  Tetapi belum diputuskan, karena masih menunggu hasil rapat di pusat pada hari ini,” jelasnya.
Ia menjelaskan, secara keseluruhan pengerjaan fisik ruas tol Pematang Panggang-Kayu Agung sudah mencapai 89.8%. Adapun fokus pengerjaan saat ini memasuki tahapan interchange atau simpang susun tempat keluar masuk kendaraan dan pengaspalan hotmix Kayu Agung, dengan target diprediksi akhir Juli-Agustus sudah rampung.
“H-10 lebaran para pemudik sudah dapat melalui tol karena sudah difungsionalkan. Untuk fungsional ini para pemudik tidak dipungut biaya mudik lewat jalan tol,” tutupnya