Asap Hitam dari PT. GON

Ogan Ilir, HS- 2 bulan terkahir warga kabupaten Ogan Ilir (OI) terutama pengendara yang melintas di KM 23 jalan lintas Inderalaya-Palembang sempat diresahkan oleh bau tak sedap dari asap hitam hasil pembakaran pengelolaan Crude Palm Oil (CPO)  PT Golden Oilindo Nusantara (GON).
PT GON mengklaim asap berwarna hitam pekat yang berbau itu bukan lah limbah gas yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan bukan pula limbah yang mengancam punahnya habitat  ikan air tawar yang ada di rawa-rawa dan sungai di persekitaran perusahaan.
Humas PT GON. Saparuddin mengklaim Kepulan asap hitam yang keluar dari cerobong bukan lah polusi udara yang berbahaya bagi kesehatan. ia menjamin hasil pembuangan limbah produksi perusahaan tersebut tidak berpotensi
polusi udara yang berbahaya
Kepulan asap hitam dari cerobong pabrik itu hasil rebusan kelapa sawit. tidak berbahaya. Saat clashing asap nya  mengepul hitam. begitu operasi sudah tidak lagi. durasi nya pun kurang dari dua menit. otoritas lingkungan hidup menyatakan masih aman dan tidak berbahaya.” kata Safarudin.
Tersedia 14 kolam penampungan limbah cair sisa penggilingan CPO. lanjut Safarudin. meski masih ber bau namun hal itu tak berlangsung lama. Saat bakteri probiotik berkembang. limbah tersebut dipaatikan tak berbau dan tak berbahaya.
” selain sanggup menghilangkan bau. bakteri ini berguna untuk menetralisir kandungan zat berbahaya yang mungkin bercampur di limbah cair. untuk memastikan beracun atau tidak. Ikan sebagai percobaan. jika ikan nya hidup makna nya libah cair tidak beracun.” urai safar.(arza)