PALEMBANG,HS — Sebanyak dua mobil listrik hidrogen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam perhelatan Asian Games 2018, selain telah menyiapkan infrastruktur dan sarana prasarana event dengan baik, juga menghadirkan mobil listrik hidrogen pertama di Indonesia yang akan melayani tamu-tamu kenegaraan yang akan berada di Palembang.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengatakan, Sumsel kali ini menerima Dua mobil listrik hidrogen, mobil ini nantinya akan melayani para tamu-tamu kenegaraan sepanjang Asian Games 2018.

“Bahwa Sumsel sangat potensial untuk pengembangan energi terbarukan. Dalam 25 tahun kedepan, Sumsel akan menjadi pelopor energi terbarukan dengan menerapkan system transportasi yang ramah lingkungan tanpa emisi,” katanya, usai peyerahan secara reami usai Detik-Detik Proklamasi peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di Griya Agung Palembang, Jumat (17/8/2018).

Menurutnya, mobil ini akan menjadikan udara yang bersih bagi masyarakat dan ketersediaan energi terbarukan yang memadai dan terjangkau. Program ini dimulai dengan menghadirkan mobil listrik hidrogen ini di Jakabaring Sport City dalam event Asian Games 2018 yang akan mendorong inisiatif serupa dalam rangka mewujudkan infrastruktur energi ramah lingkungan di kawasan yang lebih luas.

“Palembang adalah kota pertama yang menggunakan electric car dan hydrogen car,” ujarnya.

Sementara itu, Managing Director PT Serba Dinamik Indonesia, Nugroho Widiyanto menjelaskan, bahwa mobil listrik hidrogen ini adalah mobil masa depan yang menggunakan bahan bakar hidrogen, segingga bersih tanpa emisi.

Berbeda dengan mobil listrik biasa yang harus memenuhi batereinya berjam-jam, maka mobil listrik hidrogen cukup beberapa menit saja untuk jarak tempuh kilometer yang sama. Mobil hidrogen ini akan didemonstrasikan selama Asian Games 2018 tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.

“Mobil Ini merupakan persembahan Serba Dinamik Group sebagai sponsor utama dan perusahaan penyedia teknologi mobil listrik hidrogen, Ecubes Arcola kepada Pemerintah Sumatera Selatan dengan didukung penuh Pemerintah Inggris,” tutupnya