PALEMBANG,HS -Sebelum Asian Games pembangunan jembatan musi lV terancam tidak selesai dan, tidak bisa dilalui oleh masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pembangunan Jembatan yang menghubungkan kawasan seberang ulu dan seberang ilir terancam tidak bisa dilalui karna ada review desain penambahan pemasagan balok dan perlu waktu 15 hari untuk pengerjaannya satu baloknya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBJN) Metropolis, Suwarno mengatakan, secara keseluruhan pembangunan Jembatan Musi IV saat ini sudah mencapai progres pengerjaan 87,4 persen.

Namun, pada awal Juni lalu ada surat review desain dari konsultan perencanaan hasil dari peninjauan kembali terhadap Jembatan Musi IV.

“Rekomendasinya yakni penambahan 24 unit balok diantaranya dalam box gerder atau pada konstruksi lantai jembatan,” katanya, Kamis (19/7/2018).

Dia menjelaskan, menurut analisa konsultan jika tidak adanya balok tersebut, maka keadaan box gerder akan mengalami pelengkungan sekitar 6,91 milimeter. Memang saat ini tidak berpengaruh, namun dikhawatirkan kedepan beton tersebut akan mengalami keretakan.

“Secara teori pemasangan satu balok diafragma saja membutuhkan waktu sekiat 14, 5 hari. Tapi, sejak awal Juni lalu sampai saat ini kami telah menyelesaikan 14 balok,” pungkasnya

Artinya, dengan sisa 10 balok lagi secara teori masih membutuhkan waktu sekitar 140 hari lagi. Akan tetapi sistem oengerjaan dilapangan dilakukan secara sekaligus untuk setiap pemasangan balok diafragma tersebut.

“Meski begitu kami tetap usahakan agar pengerjaanya semaksimal mungkin. Namun, jika tetap tidak bisa selesai maka saat Asian Games Jembatan Musi IV ini belum dapat dilalui,” jelasnya

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, jika salah satu jembatan musi yang tengah dibangun di kota pempek ini ada yang belum selesai, ia menjamin pastinya tak bakal mengganggu gelaran Asian Games 2018.

“Ada dua jembatan musi. Yakni Musi IV dan Musi VI, kalau Musi IV kemungkinan selesai. Jadi kalau Musi VI belum selesai tidak masalah,” tuturnya

Namun, jika nantinya Musi IV juga tak sebelum Asian Games tahun ini, pastinya tetap akan selesai dibangun setelah Asian Games berlangsung di Kota Palembang.

“Jadi intinya selesai sebelum atau sesudah Asian Games tak masalah, yang penting karena Asian Games kita bisa dapat jembatan itu,” jelasnya