PALEMBANG,HS – Era digitalisasi saat ini menjadi salah satu pemicu tingkat kunjungan ke museum menjadi rendah. Terlebih, di kalangan generasi milenneal yang dinilai lebih aktif dengan kunjungan ke mall dan bermain gadget.
Menyiasati hal tersebut, pihak musem nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan aplikasi museum nasional yang bisa di download melalui android.
“Memang cenderung setiap tahun kunjungan generasi muda ke museum masih sangat rendah. Nah, dengan aplikasi museum nasional ini mereka generasi milenneal bisa mengakses informasi dan fasilitas museum di seluruh indonesia hanya menggunakan android,” ujar Kepala Museum Nasional Kemendikbud, Siswanto usai membuka kegiatan Pameran Museum Nasional bersama Asian Games, Selasa (31/7/2018) di Museum Balaputra Dewa.
Dikatakan, pihak museum nasional terus berupaya mengikuti perkembangan informasi dan teknologi supaya tidak tergerus oleh kemajuan zaman. “Kita terus berupaya menangkap momen,” singkatnya.
Lanjut Siswanto, pada saat perhelatan Asian Games di Jakarta-Palembang Agustus 2018 pihaknya akan mengajak para official Asian Games berkunjung ke museum.
“Schedule-nya sudah kita siapkan, hanya untuk official saja. Ini juga bagian dari sosialisasi kita,” pungkasnya
Ia menambahkan, pameran museum ini akan digelar hingga 30 Agustus mendatang di museum Balaputra Dewa dan siap menyambut official Asian Games yang nantinya akan berkunjung ke museum-museum yang ada di Palembang-Jakarta.”Persiapan kita maksimalkan,” tuturnya.
Sementara itu, Asisten III Pemprov Sumsel, Edward Juliartha mengatakan Sumsel yang bertindak sebagai tuan rumah perhelatan Asian Games 2018 akan melakukan berbagai persiapan termasuk peran serta keberadaan museum di Palembang yang nantinya akan jadi salah satu pusat kunjungan atlet dan official Asian Games.
“Insya Allah Sumsel akan menjadi tuan rumah yang baik dan sangat siap menyukseskan perhelatan Asian Games,” tutupnya