PALEMBANG,HS – Ribuan personel gabungan, baik dari prajurit TNI AD dari berbagai kesatuan jajaran Kodam II/Sriwijaya, personel Polri dan anggota PNS serta perwakilan Ormas dan Pelajar mengikuti kegiatan upacara dalam rangka peringatan hari lahir TNI AD atau dikenal dengan Hari Juang Kartika (HJK) ke-73 tahun 2018 bertempat di lapangan Jasdam II/Sriwijaya Jln. Letjen Harun Sohar Kel. Kebun Bunga Kec. Sukarami Kota Palembang, Sabtu (13/12/2018).
Upacara peringatan Hari Juang Kartika ke-73 tahun 2018 yang mengambil tema “TNI Angkatan Darat Mengabdi Dan Membangun Bersama Rakyat” kali ini, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Asisten Perencaan Kodam II/Sriwijaya Kolonel Arh Harvin Kidingallo dan Komandan Upacara Wadanyon Arhanud 12/SBP Mayor Arh Nasrullah Fahrisi serta Perwira Upacara Pasipers Korem 044/Gapo Mayor Inf Binsar Junianto Simanjuntak.
Sambutan Kepala Staf Angkatan Darat yang dibacakan oleh Irup Kolonel Arh Harvin Kidingallo, menyampaikan, bahwa tema Hari Juang Kartika tahun 2018 yaitu, “TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat” sangat tepat merepresentasikan komitmen prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia.
Lebih lanjut, Kasad menyampaikan, bahwa torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda. “Semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia”, tegas Kasad.
Adapun pasukan upacara terdiri dari Batalyon Upacara I kelompok Perwira, Kowad, Bintara dan Tamtama tanpa senjata, selanjutnya Batalyon Upacara II dan III  dari Yonif Raider 200/BN, Yonkav 5/DPC, Yonarmed 15/105 Tarik, Yonarhanud 12/SPB, Yonzipur 1/SG, Yonzikon 12/KJ dan Brimob serta Dalmas Polda Sumsel. Sedangkan Batalyon Upacara IV dari kelompok PNS TNI dan kelompok Komponen Cadangan.
Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan pemotongan tumpeng oleh Irup yang diberikan kepada prajurit yang akan memasuki pensiun dan prajurit berprestasi, dan dilanjutkan kegiatan bakti sosial yang meliputi pemberian Sembako, pemberian tali asih, penyerahan kunci rumah hasil bedah rumah, pasar murah dan donor darah serta penanaman pohon penghijauan.