H Aswari Riva'i berfoto bersama dengan anggota PORBI Kabupaten PALI didampingi Alamsyah dan Asgianto

H Aswari Riva’i berfoto bersama dengan anggota PORBI Kabupaten PALI didampingi Alamsyah dan Asgianto

PALI, HS – Bupati Lahat yang juga menjadi salah satu bakal calon Gubernur Sumatera Selatan, H Aswari Riva’i menepati janjinya berkunjung ke Bumi Serepat Serasan, Selasa (30/8).

Kedatangan Aswari sendiri dalam rangka ikut berburu bersama puluhan warga Kabupaten PALI juga puluhan warga dari berbagai daerah yang ada di Sumsel juga provinsi lain yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Berburu Babi (PORBI).

Kedatangan Aswari langsung disambut puluhan anggota PORBI se-Sumbagsel yang sudah berada di lokasi buru di kawasan perkebunan rakyat, Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi l, Kabupaten PALI.

Selanjutnya, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel ini langsung disematkan kain pengikat kepala pertanda perburuan dimulai.

Kepada sejumlah media, Aswari mengapresiasi kegiatan olahraga satu ini. Karena menurutnya, perburuan yang dilakukan oleh anggota PORBI ini juga membantu masyarakat dalam mencegah hama babi yang kerap merusakan tanaman warga milik petani.

“Kegiatan ini sangat positif, karena selain menyalurkan hobi berburu juga membantu petani dalam memberantas hama babi hutan. Saya harapkan kegiatan ini terus dilakukan rutin,” kata Wari sapaan akrabnya, di lokasi perburuan, Selasa (30/8).

Wari juga berjanji akan mengembangkan kegiatan berburu babi hutan dengan melakukan pembinaan.

“Saya lihat ini adalah olahraga yang tidak mahal, cukup melatih anjing serta menyiapkan bekal makanan dari rumah. Saya sudah lama tahu ada perkumpulan penghobi berburu, tapi baru kali ini saya jumpai seramai ini. Nanti kita akan kembangkan dan melakukan pembinaan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten PALI, Alamsyah menyebutkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan selain memperingati HUT RI ke 71 juga untuk menghidupkan kembali PORBI di Kabupaten PALI yang lama tidak terdengar lagi.

“Olahraga ini sangat sederhana, cukup ada anjing dan lapon (jerat). Ini juga sebagai pelestarian budaya, dimana selain olahraga juga membasmi hama babi dengan cara tradisional. Kegiatan ini akan kita hidupkan dan akan kita gelar secara rutin, ” ungkapnya.

Dikegiatan tersebut, Aswari memberikan bantuan 100 buah lapon (jerat) untuk PORBI PALI. Selanjutnya Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sumsel diajak bertemu masyarakat Bumi Serepat Serasan di Simpang Lima Pendopo didampingi Anggota DPRD Sumsel asal Partai Gerindra, Asgianto Alwi. (MAN)