PALEMBANG, HS– Kembali menunjukkan kepeduliannya dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19), sejumlah organisasi di Kota Palembang yang tergabung dalam Relawan Tanggap Darurat (RTD) jemput bola membantu warga dengan mendirikan dapur umum dan membagikan hasil makanan yang telah dimasak ke rumah-rumah warga.

Tak hanya itu, RTD juga memberikan masker dan hand sanitizer gratis kepada masyarakat tersebut, Senin (04/05/2020)

“Sejumlah organisasi dan instansi yang tergabung dalam RTD ini cukup banyak, seperti Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha (PANNA) Sumsel, Lintas Aktivis Antar Generasi Indonesia (LAAGI), Kader Militan Jokowi (KAMIJO), Lembaga Investigasi Negara (LIN), Ikatan Alumni Universitas Katholik Musi Charitas (IKA-UKMC), ungkap koordinator acara, Sukma Hidayat, saat dibincangi di sela acara.

“Dapur umum ini akan kami dirikan di sejumlah titik Kota Palembang, hari pertama atau lounching ini berada di Kecamatan Seberang Ulu I lorong Tajur, Klurahan 5  Ulu. Program kecil ini sebagai wujud partisipasi relawan membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di kota Palembang,” jelasnya.

Sukma menambahkan, metode pembagian dapur umum ini dilakukan dengan bekerjasama berbagai pihak seperti ketua RT dan tokoh masyarakat setempat.

Sebelum membuka Dapur umum relawan RTD telah mapping terlebih dahulu bersama ketua RT dan tokoh masyarakat tersebut, warga mana saja yang akan mendapatkan bantuan berupa nasi dan lauk pauk, tujuannya agar tidak terjadi kerumunan massa dan mengantisipasi penyebaran wabah.

“Selain membagikan nasi beserta lauk pauknya, kami juga membagikan masker dan hand sanitizer ke masyarakat sekaligus mensosialisasikan agar masyarakat untuk menjaga jarak, menjaga kebersihan lingkungan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan selalu mengunakan masker di saat beraktivitas diluar rumah agar wabah Covid-19 tidak menyebar kepada masyarakat lainnya,” imbau Sukma.

Senada disampaikan Okta Priandy selaku Ketua IKA UKMC, bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat untuk peduli terhadap kesehatan.

Sementara itu Ali selaku Ketua KAMIJO menyampaikan bahwa persiapan dapur umum sesuai arahan penanggung jawab dan koordinator Relawan Tanggap Darurat Covid-19.

“Kami melakukan mapping terlebih dahulu, dan untuk sementara masyarakat di Kelurahan 5 Ulu, mencapai 1200 KK yang telah kami lakukan study kelayakan untuk menerima bantuan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua PANNA Sumsel Ardhy Fitriansyah menjelaskan bahwa PANNA siap berkolaborasi kepada semua elemen relawan dan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“PANNA Sumsel siap membantu pemerintah dan siap bekerjasama dengan semua kalangan, dalam giat positif apapun, apalagi sosial, kami akan melakukannya semaksimal mungkin,” tegasnya didampingi Bendahara PANNA Sumsel Eno alias Fina.

Ardhy Fitriansyah yang akrab disapa Anang itu juga kembali mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi imbauan dari pihak pemerintah. PANNA juga akan berupaya semaksimal mungkin untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa pentingnya menjaga jarak dan membuka kesadaran masyarakat agar selalu hidup sehat dan terpenting hindari pemakaian Narkoba.

“Virus Corona ini sama dengan Narkoba, sudah selayaknya kita perangi bersama, mari kita bersatu, bahu membahu melawan Corona dan Narkoba, see no to Corona dan Narkoba,” tandasnya.

Dalam pembagian nasi, lauk pauk, masker dan hand sanitizer tersebut, selaim didampingi oleh Ketua RT dan tokoh masyarakat setempat juga dibantu oleh Babinsa Koramil Seberang Ulu I  Bang Edi.