Striker Uruguay, Luis Suarez mencetak dua umpan untuk membawa Uruguay unggul 3-0 atas Venezuela.

Striker Uruguay, Luis Suarez mencetak dua umpan untuk membawa Uruguay unggul 3-0 atas Venezuela.

MONTEVIDEO, HS – Pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia zona Amerika Selatan atau CONMEBOL, timnas Uruguay sukses mengalahkan Venezuela 3-0 di Estadio Centenario, Montevideo, Uruguay, Jumat (7/10) pagi WIB.

Gol kemenangan Uruguay dicetak oleh Edinson Cavani (dua gol) dan Nicolas Lodeiro (satu gol). Penyerang Barcelona, Luis Suarez juga bermain sangat baik dengan mempersembahkan dua umpan yang berujung gol bagi Uruguay.

Tuan rumah, Uruguay yang tampil mendominasi sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan cukup kesulitan membongkar pertahanan Venezuela. Tim tamu justru yang memperoleh peluang pertama untuk cetak gol.

Adalberto Penaranda yang memperoleh umpan sundulan Salomon Rondon, berhasil mengecoh kiper Uruguay, Fernando Muslera. Namun sangat disayangkan, Penaranda yang tinggal berhadapan dengan gawang kosong malah gagal mencetak gol akibat sepakannya terlalu melebar.

Pada menit 29, Uruguay akhirnya mampu merobek gawang Venezuela lewat tandukan Nicolas Lodeiro setelah menerima umpan silang Luis Suarez. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Babak kedua baru berlangsung, tuan rumah menggandakan keunggulan. Berawal dari umpan Carlos Sanchez, Cavani menjangkau bola dan langsung melepaskan tembakan kaki kanan ke pojok atas gawang.

Venezuela yang berusaha mengejar ketertinggalan justru harus bermain dengan 10 orang di menit ke 65. Oswaldo Viczarrondo memperoleh kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Suarez.

Unggul jumlah pemain, Uruguay makin bernafsu menggandakan keunggulan. Penyerang Paris St German, Edinson Cavani kali ini sukses mengkonversi umpan Luis Suarez. Gol ini membawa Uruguay unggul 3-0 atas Venezuela.

Uruguay kini memuncaki klasemen dengan 19 poin dari sembilan pertandingan, sementara Venezuela terdampar di posisi akhir klasemen zona CONMEBOL dengan 2 poin.

Sementara, secara pribadi, Edinson Cavani yang pada pertandingan ini mencetak gol berhasil menyamai rekor gol Diego Forlan untuk timnas Uruguay, yakni 36 gol.

Hanya saja, capaian ini diperoleh Cavani hanya dalam 86 pertandingan, sedangkan Forlan membutuhkan 112 pertandingan. Saat ini top skor sepanjang masa Uruguay dipegang oleh Luis Suarez dengan catatan 46 gol. (MIM)