Harnojoyo setiap pekan memprogramkam untuk mengadakan gotong royong di seluruh kelurahan yang ada di Kota Palembang

Harnojoyo setiap pekan memprogramkam untuk mengadakan gotong royong di seluruh kelurahan yang ada di Kota Palembang

PALEMBANG, HS – Kegiatan gotong royong yang dilaksanakan Pemerintah Kota Palembang bersama masyarakat yang dilaksanakan di Sungai Solok Senggoro di Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II terasa semakin semarak, karena diikuti oleh seluruh unsur FKPD dan Muspida Kota Palembang, Minggu (18/9).

Selain walikota, hadir juga wakil walikota, Kapolresta, Dandim 0418, Dandenpom, Danlanud, Danlanal, Sekda kota, dan seluruh jajaran SKPD.

Lokasi Sungai Solok Senggoro merupakan pertemuan antara Sungai Bayas dan Sungai Jeruju persis di belakang Pasar Kuto menjadi arena bagi para petinggi di Kota Palembang. Sungai  dipenuhi lumpur yang menebal dan sampah plastik serta limbah pasar tidak menghalangi walikota dan yang lainnya untuk terjun langsung membersihkannya.

Kebersamaan walikota, wakil walikota beserta unsur FKPD lainnya yang membaur lamgsung bersama masyarakat menjadi pemandangan baru di lokasi gotong royong tersebut. Harnojoyo tampak sangat dengan senang gerakan gotong royong yang sudah menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan pejabat di Kota Palembang,

“Ini luar biasa, selain masyarakat setempat, gotong royong hari ini diikuti juga jajaran FKPD lainnya, jadi tambah semangat kita bergotong royong, tentu ini sangat positif Bersama Kita Ciptakan Lingkungan Yang Bersih, Aman, Rapi dan Indah (BARI) menuju Palembang EMAS,” jelas Harnojoyo.

Sungai  yang awalnya penuh sampah, alirannya pun terhambat karena sudah sangat dangkal, setelah dilakukan gotong royong sungai berubah bersih dan kembali lancar alirannya. Gotong Royong yang digalakkan Walikota ini kembali membuahkan hasil dan membawa manfaat.

Walikota Palembang berpesan kepada masyarakat  untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan utamanya sungai.

“Sungainya sudah kita bersihkan bersama, dan kita lihat hasilnya bersih, jangan sampai dikotori lagi, Insya Allah sungai ini bisa untuk mandi anak-anak kita,”  ucapnya.

Harnojoyo berpesan kepada masyarakat  untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan utamanya sungai.

“Sungainya sudah kita bersihkan bersama, dan kita lihat hasilnya bersih, jangan sampai dikotori lagi, Insyaallah sungai ini bisa untuk mandi anak-anak kita,” ujarnya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, dirinya bersama walikota siap terus mengawal kegiatan gotong royong setiap hari minggu.

“Saya bersama Pak Walikota akan terus konsisten terhadap aksi gotong royong ini. Jika hari Minggu kami berada di lokasi yang sama, hari Sabtu kami berada do lokasi berbeda untuk melaksanakan gotong royong di sekolah-sekolah. Alhamdulillah selain jajaran Pemkot Palembang diikuti juga oleh jajaran muspida lainnya,” Fitrianti menjelaskan.

Kapolresta Palembang, Tomy Arya Dwiyanto mewakili jajaran FKPD menilai gotong royong sebagai bentuk dukungan penuh terhadap program gotong royong ini.

“Program gotong royong ini sangat bagus, sangat menyentuh masyarakat, dan hasilnya juga bisa dirasakan. Oleh karena itu kami sangat mendukung penuh gerakan ini,” ucap Tomy Arya.

Selama dua jam gotong royong membersihkan Sungai  Solok Senggoro sepanjang 600 meter, hasilnya? Langsung terlihat. Sungai yang semula kotor penuh sampah dan lumpur yang menggunung, akhirnya bisa bersih dan kembali lancar alirannya.

Ditemukan juga aliran yang tersumbat karena gorong-gorong yang tidak lagi berfungsi. Sehingga pertemuan antara Sungai Bayas dan Sungai Jeruju menjadi terhambat.

Zulkipli (47) warga RT 2 Kelurahan Kuto Batu mengaku, ia sangat senang dengan kehadiran walikota dan jajarannya guna  bergotong royong di tempat mereka.

“Saya sangat senang, tadi saya ikut turun, tidak sangka pak Walikota, Ibu Wakil Walikota, Pak Kapolres dan lainnya ikut turun ke lumpur juga. Sungguh bangga melihat pemimpin kita seperti ini. Selain itu istri saya juga bisa mengurus KTP di lokasi pelayanan, sangat bermanfaat untuk kami warga kuto batu ini,” ungkap Zulkipli. (UDI)