BANYUASIN,HS – Bertempat di persawahan Desa Upang Mulia Kec. Makarti Kab. Banyuasin, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 401-06/Sungsang Serda Andy Purnomo melaksanakan Upsus pendampingan panen padi jenis Mikongga Ciherang Jumbo dan IR 64 seluas 45 hektare, dengan hasil panen 5-6 ton gabah kering giling (GKG) per hektare, Senin (5/2/2018).

Babinsa Koramil 401-06/Sungsang Serda Andy Purnomo menyampaikan, bahwa melaksanakan pendampingan Upsus ini dalam rangka mendukung program Swasembada pangan pemerintah yang tidak boleh lengah, tetap harus semangat dan sebagai motivator kepada para petani untuk menjadi contoh dalam menyukseskan program Pajale khususnya tentang tanaman padi.

Untuk mendukung program tersebut serta untuk mencapai target, Babinsa selalu memberikan pendampingan baik secara teori maupun praktek langsung agar program Swasembada pangan dapat tercapai dan sukses dan diharapkan para petani menanam padi secara serentak atau bersama-sama, dengan pendampingan panen padi diharapkan hasil panen lebih baik kualitas maupun produktivitasnya, sehingga dapat membawa keuntungan bagi para petani karena semua tata cara kelola sudah sesuai anjuran dan arahan dari PPL maupun Babinsa.

Komandan Koramil 401-06/Sungsang Kapten Inf Kusnandar selalu memberikan penekanan dan motivasi kepada para Babinsa di jajarannya untuk mendukung program Swasembada pangan diwilayah Desa-Desa binaannya, sehingga apa yang diharapkan oleh pimpinan maupun pemerintah dalam program Swasembada pangan tersebut bisa tercapai dengan baik dan berjalan dengan lancar. “Turunnya Babinsa di sawah diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen padinya,” ungkap Danramil.

Selain itu, Kapten Inf Kusnandar menambahkan, bahwa dalam menyukseskan program Swasembada pangan oleh Pemerintah, TNI Angkatan Darat memerintahkan para Babinsa untuk terjun kelapangan secara langsung dan berkordinasi dengan PPL setempat dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar khususnya progam pertanian ini.

Sementara itu, Bapak Sahimin (48) salah satu pemilik sawah di Desa Upang Mulia Kec. Makarti Banyuasin terlihat gembira saat melihat hasil panen padinya yang sangat bagus, kami sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan petani. “Terimakasih Pak Babinsa dan petugas PPL di Desa Upang Mulia yang selama ini telah mendampingi petani Desa Upang Mulia dari saat pengolahan lahan hingga panen,” kata  Sahimin penuh kegembiraan.