PALEMBANG,HS – Peristiwa heroik para pendahulu TNI AD bersama-sama rakyat bertempur mempertahankan wilayah Ambarawa pada 15 Desember 1945, merupakan peristiwa yang dijadikan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AD atau yang dikenal dengan Hari Juang Kartika (HJK). Rangkaian peringatan HJK ke-73 tahun 2018 ini, Kodam II/Sriwijaya menyelengarakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Ksatria Siguntang Palembang yang dipimpin oleh Staf Ahli Pangdam II/Sriwijaya Bidang Operasi Militer Perang, Kolonel Inf Hadi Purwo Subroto, Jumat (14/12/2018).

 

Kegiatan Ziarah tersebut, diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para Pahlawan dan mengheningkan cipta, serta peletakan karangan bunga secara simbolis di Tugu Taman Makam Pahlawan Inspektur Upacara Kolonel Inf Hadi Purwo Subroto. Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan dan dilanjutkan dengan tabur bunga oleh seluruh peserta Ziarah.

 

Sementara itu Kepala Staf Korem 044/Gapo Letkol Inf M. Sjahroni, S.E. mewakili Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Iman Budiman, S.E. turut hadir dalam acara Ziarah dalam rangka rangkaian kegiatan peringatan HJK ke-73 tahun 2018 yang diikuti oleh para prajurit jajaran Kodam II/Swj dan Lanal maupun Lanud Palembang, PNS TNI dan Ibu Persit Kartika Chandra Kirana PD II/Sriwijaya serta Pelajar.

 

Kepala Seksi Personel (Kasipers) Korem 044/Gapo Letkol Inf Prabowo yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa kegiatan ziarah ini memiliki tujuan untuk menghormati dan mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan Kemerdekaan NKRI, sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus memberikan penghormatan yang layak untuk para Pahlawan yang telah mendahului kita.

 

“Kita sebagai generasi penerus bangsa yang saat ini tinggal meneruskan perjuangan mereka untuk mengisi kemerdekaan melalui kerja nyata dan diharapkan memiliki semangat kerja yang tinggi dan profesional, berfikir, bertindak yang baik. Abdikan pikiran dan tenaga kita untuk kemajuan bangsa Indonesia sesuai dengan tugas dan kewajiban masing-masing”, terang Kasipers.

 

Ia menambahkan, “Kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, disamping sebagai penghormatan kepada para Pahlawan yang telah mendarma baktikan seluruh jiwa raganya untuk Kemerdekaan Indonesia, juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa para Pahlawannya”, pungkas Letkol Inf Prabowo.