PALEMBANG,HS – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi RI akan segera mencairkan bantuan dana desa tahun 2017,

Hal ini dibenarkan oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Selatan, Yusnin dipemprov sumsel selasa (28/2),

“Ya, bahwa dana desa bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI akan cair dalam waktu dekat.” ujarnya

Dia juga mengatakan, pihaknya mempekirakan dana desa tersebut akan cair pada bulan Maret-April untuk tahap I dan Agustus-September untuk tahap ke II.

“Ya, tahu ini bisa jadi Cair 60 persen ditahap I dan 40 persen ditahap II.” pungkasnya.

Dia juga menambahkan, total dana desa untuk provinsi Sumsel sebesar Rp 2,267 Triliun untuk total 2589 desa. Untuk Sumsel, sambung Yusnin ada 14 kabupaten/kota yang menerima dana desa, sementara yang tidak menerima adalah kota Pagaralam, kota Palembang dan Lubuklinggau.

“Karena di tiga kota tersebut tidak ada desa,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan, dari 14 kabupaten/kota, Kabupaten Lahat paling banyak menerima dana desa sementara yang paling sedikit adalah kota Prabumulih.

“Karena kota Prabumulih paling sedikit desanya. Rata-rata desa menerima Rp 720 juta tiap desa,” ungkapnya.

Dia juga menerangkan dana desa yang diperuntukkan khusus untuk desa umumnya harus memprioritaskan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Infrastruktur yang dimaksud, jelas Yusni adalah pembangunan jalan, irigasi, parit dan lain sebagainya untuk akses masyarakat.

“Kalau pemberdayaan masyarakat misalnya kegiatan yang bersifat menambah masukan masyarakat misalnya pemberdayaan melalui kelompok ibu-ibu sehingga ada penghasilan sampingan,” tegasnya.(MDN)