PALEMBANG,HS – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel menjalin kerjasama dengan
Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam),

Kerjasama tersebut Untuk memanfaatkan layanan pusat data masing,

Hal ini dikatakan Kepala Bapenda Provinsi Sumsel, H Marwan Fansuri SSos MM saat dihubungi, Kamis (20/7/2017),

“Ya, penandatanganan MoU ini dilakukan pada hari ini (kemarin) di Kantor IT Center BP Batam,” katanya.

Adapun maksud dan tujuan dilakukan MoU tersebut untuk sebagai landasaan para pihak dalam memanfatkan layanan pusat data milik pihak pertama (BP Batam) sebagai Pusat Pemulihan Data.

“jadi tujuan MoU ini untuk mensinergikan fungsi dan peranan para pihak dalam rangka pemanfaatan pusat data dan pusat pemulihan data,” ujarnya

Ia juga menjelaskan, prinsip kerja sama atau MoU ini akan dilaksanakan berlandaskan prinsip-prinsip kerja sama, keterbukaan informasi Publik, transparansi dan anti korupsi sesuai ketentuan yang berlaku.

“Pengamanan data server Bapenda khususnya data rahasia pemilik kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat dan data non samsat sehingga dengan kerjasama ini data samsat Bapenda Provinsi Sumsel dapat dijamin kerahasiaan  objek pajak dan subjek pajak  dan data keuangan pajak Bapenda  serta layanan IT Bapenda kedepannya terdepan dalam sistem pengelolaan data layanan samsat yang lebih  canggih dan keamanan data,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Sistem Informasi BP Batam, Kolonel Laut Yuda Gunadi SE mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Bapenda Provinsi Sumsel yang telah mempercayakan pihaknya untuk mengelola dan membackup data Samsat Provinsi Sumsel.

“BP Batam dapat menjaga sesuai tupoksi kami di BP Batam dan tarif BP batam lebih murah dari pihak swasta karena milik negara dan kami menjamin 99.99 persen menjamin network up dan system up  Bapenda Provinsi Sumsel yang kami jaga di Pusat Teknologi informasi BP Batam dan beberapa kementerian juga telah bekerjasama dengan kita BP Batam,” tegasnya (MDN)