PALEMBANG,HS – Jembatan Musi IV yang menghubungkan seberang ulu dan seberang Ilir telah resmi dibuka untuk masyarakat umum. Serta solusi yang efektif dalam mengurai Kemacetan di Kota Palembang.
Walikota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, sejak di buka pada 3 Januari 2018, jembatan dengan total panjang 1.130 meter tersebut mampu mengurangi kemacetan di Jembatan Ampera sampai dengan 30%.
“Jembatan ini jadi hal yang sangat penting bagi kita. Seperti yang pernah saya sampaikan, tidak mudah kita membuat jembatan, jadi saya berharap masyarakat dapat menjaga jembatan yang hari ini resmi kita buka full 24 jam,” ungkapnya usai meresmikan jembatan Musi IV melalui kegiatan soft launching Selasa (8/1/2019).
Menurutnya, kedepan jembatan ini akan dilengkapi dengan pengamanan, karena dari informasi Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) wilayah V tadi, sudah ada tiga kali tindak pencurian terhadap beberapa kabel untuk lampu jembatan.
“Tidak gampang kita membuat jembatan, tahun 1962 kita ada jembatan Ampera, dua puluh tahun kemudian atau tahun 1982 jembatan Musi II dan baru sekarang kita menambah lagi jembatan, sejak 2015 dari duplikat Musi II, Musi IV dan nanti akan segera diresmikan jembatan Musi VI. Jadi tolong dijaga dan dimanfaatkan dengan baik,” katanya
Sementara itu Kepala Balai Besar Jalan Nasional Wilayah V, Kgs Syaiful Anwar menyebut, terkait pembebasan lahan untuk akses jalan Ahmad Yani sepanjang 390 meter,  pihaknya sudah melaporkan Hal tersebut Ke Kementerian PUPR RI.
“Setelah Ada pembebasan lahan di 2019, untuk pengerjaan fisiknya akan segera kami anggarkan,”ungkap Syaiful.
Meski telah dilakukan soft opening,  namun Syaiful mengatakan jembatan Musi IV masih akan melalui berbagai uji kelayakan.
“Tidak serta merta langsung bisa difungsikan,  kita sudah lakukan uji beban pada pertengahan Desember,  uji lalulintas dan Amdal pada 3-4 Januari lalu,  hasilnya cukup baik.  Memang terjadi kemacetan itu wajar karena lebar jalan Azhari hanya 4,5 meter.  Dari Pemkot Palembang sendiri kami harapkan bisa membantu alokasi Dana untuk penerangan jalan,”tutupnya